Sekilas Info!!
############Mohon Baca Panduan Sampai Akhir Ya!! Jika Kurang Paham Bisa Hubungi Kami WA/Email 085230288099/laporanwebid@gmail.com############
Mobile  

Android SDK Platform Tools Versi Terbaru (Windows, Mac, Linux)

  • Bagikan Ya!!
android sdk platform tools

Bagi Anda yang sering membuat aplikasi Android tentu sudah tidak asing lagi dengan Android SDK. Komponen pendukung yang biasa digunakan untuk membuat aplikasi Android yaitu Android SDK Platform Tools  dan Android Studio.

Pada dasarnya semua komponen pendukung tersebut digunakan untuk membuat aplikasi berbasis Android. Akan tetapi keduanya memiliki perbedaan.

Secara umum, Android SDK merupakan pustaka API atau alat pengembang yang diperlukan untuk membangun, menguji, dan mendebug aplikasi Android.

Sementara Android Studio merupakan IDE (Integrated Development Environment) berdasarkan IntelliJ IDEA. Android Studio berfungsi sebagai code editor dan memiliki banyak fitur yang dapat memudahkan saat membuat aplikasi Android.

Selain Android SDK dan Android Studio, juga ada platform tools yang disebut dengan Android SDK Platform Tools. Lalu apa saja kegunaan komponen tersebut, simak informasi selengkapnya pada artikel ini.

Apa Perbedaan Android SDK dan Android Studio

Untuk mengeteahui perbedaan Android SDK dan Android Studio, berikut kami sajikan ulasannya untuk Anda.

1. Android SDK

Apa itu Android SDK? Android SDK adalah tools API (Aplication Programming Interface) yang disediakan oleh Google untuk pengembangan perangkat lunak pada platform Android. Istilah SDK sendiri merupakan singkatan dari Software Development Kit.   

Google setiap meluncurkan Android versi terbaru, Android SDK versi terbaru juga ikut hadir agar pengembang bisa membuat program dengan fitur terbaru sesuai versi Android yang baru.

Makanya, setiap ada Android SDK terbaru, pengembang juga harus menyesuaikan dengan menginstal SDK versi yang baru. Pada artikel ini kami sudah melampirkan link unduhnya. Silahkan Anda unduh dan install pada perangkat yang Anda gunakan.

Baca Ini :  Aplikasi Nonton Film India di HP dan PC

Dalam Android SDK terdapat seperangkat alat pengembangan yang terdiri dari debugger, libraries, emulator, handset, dokumentasi, contoh kode, dan panduan untuk OS Android.

2. Android Studio

Setelah mengetahui informasi seputar Android SDK, sekarang kita bahas apa itu Android Studio. Sebelumnya, pada penjelasan awal kita sudah menyinggung sedikit tentang Android Studio.

Apa itu Android Studio? Merujuk pada Wikipedia, Android Studio adalah IDE untuk sistem operasi Android, yang dibangun di atas perangkat lunak JetBrains IntelliJ IDEA dan di desain khusus untuk pengembangan aplikasi Android.

Pada intinya, Android Studio hanya sebuah tools yang dapat Anda gunakan untuk mempermudah dalam pengembangan aplikasi Android. Tidak berarti menjadi komponen utama dalam pengembangan aplikasi Android.

Namun, jika Anda belum mahir dalam pemrograman mobile, Android Studio menjadi pilihan yang tepat untuk memudahkan dalam pengembangan perangkat lunak berbasis Android.

3. Fitur Android Studio

Apa fungsi Android Studio? Selain berfungsi sebagai editor kode, Android studio memiliki banyak fitur yang dapat meningkatkan produktivitas dalam membuat aplikasi Android, adapun fiturnya antara lain:

  • Sistem build berbasis Gradle yang fleksibel.
  • Emulator yang cepat dan kaya fitur.
  • Lingkungan terpadu tempat Anda bisa mengembangkan aplikasi untuk semua perangkat Android.
  • Terapkan perubahan untuk melakukan push pada perubahan kode dan resource ke aplikasi yang sedang berjalan tanpa memulai ulang aplikasi.
  • Template kode dan integrasi GitHub untuk membantu Anda membuat fitur aplikasi umum dan mengimpor kode sampel.
  • Framework dan alat pengujian yang lengkap.
  • Dukungan C++ dan NDK.
  • Alat lint untuk merekam performa, kegunaan, kompatibilitas versi, dan masalah lainnya.
  • Dukungan bawaan untuk Google Cloud Platform, yang memudahkan integrasi Google Cloud Messaging dan App Engine.

Saat ini versi Android Studio di kenal dengan nama Flamingo, pada versi terbaru ini menghadirkan berbagai fitur baru, antara lain:

  • System Trace: Peningkatan metrik untuk memori dan grafis.
  • Retrace R8 kini tersedia pada command line.
  • Tindakan refresh Layout Inspector baru.
  • Dukungan plugin Android Gradle untuk Jetpack Compose.
  • Mengupgrade Asisten untuk AGP.
  • Dukungan untuk Safe Args.
  • Accessibility Scanner untuk Layout Editor.
  • Database Inspector.
Baca Ini :  Aplikasi Edit Foto Kekinian Ala Selebgram

Android SDK Platform Tools

Jika Anda sudah mendapat gambaran tentang Android SDK dan Android Studio. Selanjutnya, kita akan membahas komponen pendukung dalam pengembangan perangkat lunak Android, yaitu Android SDK Platform Tools.

Apa itu Android SDK Platform Tools?

Android SDK Platform Tools adalah komponen untuk Android Software Development Kit (SDK). Jadi, kita bisa memahami bahwa ia merupakan bagian dari Android SDK yang mendukung dalam pengembangan perangkat lunak Android.

Lalu apa saja komponen yang ada di dalamnya, pada intinya SDK platform tools hanya menyediakan komponen inti dari Android SDK itu sendiri seperti ADB (Android Debug Bridge) dan Fastboot.

Adb adalah alat command line serbaguna yang memungkinkan Anda berkomunikasi dengan perangkat. Komponen Adb sendiri meliputi tiga bagian yaitu Klien, Daemon (adbd), dan Server.

Klien mengirimkan perintah, Daemon yang menjalankan perintah pada perangkat, sedangkan server yang mengelola komunikasi antara klien dan daemon.

Sedangkan Fastboot merupakan mekanisme untuk berkomunikasi dengan bootloader melalui USB atau Ethernet. Fastboot dibutuhkan jika ingin membuka kunci bootloader perangkat dan melakukan flashing dengan image sistem baru.

Download Android SDK Platform Tools Versi Terbaru

Android SDK Platform Tools terus mengalami perubahan seiring dengan rilis versi baru sistem operasi Android. Untuk itu, Anda harus menyesuaikan dengan versi terbaru untuk menggunakan fitur baru yang ada pada sistem operasi Android.

Berikut link unduh Android SDK Platform Tools terbaru untuk Anda.

Pada link tersebut terdapat tiga pilihan yang dapat Anda klik. Silahkan pilih salah satu link yang sesuai dengan perangkat yang Anda gunakan.

Baca Ini :  Aplikasi Anti Lag Mobile Legend

Setelah Anda berhasil mengunduh salah satu dari link tersebut, selanjutnya lakukan instalasi pada perangkat Anda agar dapat menggunakannya.

Cara Memasang SDK Platform Tools

Untuk menggunakan SDK platform tools caranya sangat mudah, Anda cukup mengekstrak filenya dan menyimpannya kedalam drive C komputer Anda.

Cara pasang SDK Platform Tools

Adapun cara memasang SDK platform tools pada komputer, langkah-langkahnya dapat Anda ikuti berikut ini.

  1. Unduh SDK platform tools yang sudah kami sediakan pada link di atas.
  2. Setelah berhasil mengunduh, selanjutnya ekstrak filenya menjadi sebuah folder.
  3. Klik kanan pada file .zip dan pilih Extract.
  4. Setelah berhasil mengekstrak file, pindahkan folder platform-tools dari hasil ekstrak tadi ke dalam drive C.
  5. Selesai.

Cara Penggunaan SDK Platform Tools

Cara menjalankan SDK Platform tools

Berikut langkah-langkah penggunaan Android SDK Platform Tools.

  1. Masuk ke drive C.
  2. Buka folder platform-tools.
  3. Tekan Shift + Klik Kanan pada bagian kosong lalu pilih Open Powershell windows here atau Open command window here.
  4. Setelah itu, muncul jendela Windows PowerShell.
  5. Selanjutnya, tinggal mengetikkan perintah fastboot yang Anda inginkan.
  6. Selesai.

Demikian ulasan tentang Android SDK Platform Tools yang dapat Anda gunakan untuk pengembangan aplikasi Android. Kami juga sudah menyertakan link unduhnya pada artikel ini, dan nantinya Anda akan mendapatkan update sesuai versi terbaru.

  • Bagikan Ya!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *