Sekilas Info!!
############Mohon Baca Panduan Sampai Akhir Ya!! Jika Kurang Paham Bisa Hubungi Kami WA/Email 085230288099/laporanwebid@gmail.com############
Mobile  

11 Rekomendasi Aplikasi Untuk HP Root Android Terbaik

  • Bagikan Ya!!
aplikasi untuk hp root Android

Aplikasi untuk HP Root diperlukan jika ingin lebih bebas dan aman memodifikasi software Android termasuk mengakses sistem, command, dan semua file yang ada pada sistem Android.

Biasanya, seseorang melakukan Root untuk mendapatkan akses penuh ke berbagai subsistem Android. Namun, melakukan Root pada smartphone harus dilakukan dengan hati-hati karena proses ini berkaitan langsung dengan sistem Android. 

Tujuannya agar dapat melakukan beberapa hal seperti menghapus aplikasi bawaan, menjalankan aplikasi tertentu yang butuh akses Root, meningkatkan kinerja CPU, memodifikasi ROM custom, dan mem-backup dan restore keseluruhan sistem.

Tetapi melakukan root pada HP juga memiliki kekurangan seperti garansi menjadi hilang, resiko merusak ponsel, malware lebih mudah menembus keamanan perangkat, dan performa HP bisa menurun.

Namun agar hal itu tidak terjadi, Anda perlu menggunakan aplikasi khusus untuk HP root. Nah, jika sudah berhasil melakukan Root, berikut beberapa aplikasi untuk HP root yang bisa menunjang perangkat Anda.

Aplikasi Untuk HP Root Android Terbaik

Anda mencari aplikasi untuk HP Root Android terbaik, berikut ini aplikasi yang bisa Anda coba.

1. Link2SD

Aplikasi Link2SD untuk HP root

Aplikasi untuk HP root pertama yang bisa Anda gunakan yaitu Link2SD. Link2SD adalah aplikasi yang dapat memudahkan untuk memindahkan aplikasi dari memori internal ke kartu SD.

Khususnya, bagi Anda sudah melakukan root pada perangkat Android. Aplikasi ini sangat membantu dalam melakukan pemindahan aplikasi dari memori internal ke memori eksternal.

Selain itu, aplikasi link2SD memiliki beberapa fitur lainnya seperti dapat melakukan penghapusan aplikasi sistem (bloatware removal), menghapus data dan cache aplikasi, reboot manager, dan lain-lain.

2. Flashfire

Aplikasi FlashFire HP root

Sebagian HP yang sudah di root tidak lagi mendapatkan pembaruan otomatis atau Over The Air (OTA). Meskipun sebagian juga masih mendapatkan update, tetapi update pada smartphone yang sudah di root bisa menyebabkan kerusakan pada sistem Android.

Baca Ini :  Aplikasi File Manager Android Terbaik

Olehnya, aplikasi untuk HP root yang dapat mencegah terjadinya kegagalan pada sistem Android saat melakukan update yaitu FlashFire.

FlashFire adalah flasher firmware yang dapat mem-flash paket firmware, serta dapat menerapkan pembaruan OTA dengan tetap mempertahankan root, dan tanpa menggunakan pemulihan khusus. Selain itu, FlashFire juga memiliki fungsi pencadangan dan pemulihan perangkat.

3. ROM Toolbox

Aplikasi ROM Toolbox Root

Berikutnya aplikasi yang harus dimiliki bagi setiap pengguna HP root yaitu ROM Toolbox. Aplikasi ini sudah menggabungkan berbagai tools untuk meningkatkan kinerja perangkat HP yang sudah melakukan root, serta dapat menysesuaikan dengan keinginan Anda.

Pada aplikasi ini sudah ada LifeHacker, XDA-Developers, Droid-Life, Android Central, RootzWiki, Android Police, DroidForums, dan lainnya.

ROM Toolbox sudah menjadi aplikasi All in One untuk pengguna Root. Sebab, sudah menggabungkan berbagai aplikasi seperti Titanium Backup, Root Explorer, SetCPU, MetaMorph, Autorun Manager, Terminal Emulator, Scripter, SD Boost, dan aplikasi lainnya.

4. SuperSU

Aplikasi SuperSU untuk HP Root

Untuk mendapatkan akses super user pada perangkat Android yang sudah melakukan rooting, salah satu aplikasi yang bisa Anda coba yaitu SuperSU.

Dari nama saja sudah menunjukkan fungsi aplikasi ini, SuperSu memungkinkan pengguna mengakses sistem Android yang membutuhkan hak akses super user. 

Aplikasi SuperSU menawarkan berbagai fitur untuk HP yang sudah di root. Salah satu fiturnya yang menarik yaitu memungkinkan melakukan Unroot sementara.

Tertarik menggunakan aplikasi yang satu ini, silahkan Anda unduh melalui PlayStore.

5. Undeleter Recover File dan Data

Aplikasi Undeleter Recover File dan Data

Jika tidak sengaja menghapus file atau data yang tersimpan pada penyimpanan internal ataupun memori card. Untuk mengembalikannya secara utuh, tentu sangat sulit Anda lakukan.

Akan tetapi, dengan menginstall aplikasi Undeleter Recover File dan Data, Anda dapat mengembalikan fila yang sudah terhapus. Tentu saja, aplikasi ini hanya bisa berfungsi pada HP yang sudah di root.

Baca Ini :  Cara Menghapus Virus di HP Android

Undeleter Recover File dan Data dapat memulihkan berbagai file yang terhapus dengan berbagai format berikut BMP, JPEG/JPG, PNG, GIF, MP4, AVI, MKV, MP3, OGG, PDF, DOCX, XLSX, PPTX, ZIP, APK, dan lain-lain.

6. Root Checker

Aplikasi Root Checker HP Android

Apabila sudah melakukan rooting pada perangkat Android Anda, tetapi ingin memastikan perangkat smartphone Anda berhasil di root atau tidak. Aplikasi untuk mengeceknya adalah Root Checker.

Root Checker dapat menunjukkan kepada pengguna apakah root terpasang dan berfungsi 100% atau tidak. Jadi, jika Anda ingin memastikan HP Anda berhasil di root, silahkan install aplikasi ini.

7. Permission Ruler

Aplikasi Permision Rule

Permission Ruler adalah perangkat lunak yang memungkinkan Anda mengubah ijin akses aplikasi yang terpasang pada smartphone Android.

Jika khawatir terjadi kebocoran data privasi pada perangkat smartphone Android Anda, tentu yang harus Anda lakukan adalah meningkatkan keamanan privasi. Nah, salah satu aplikasi untuk HP root yang bisa melakukan ini yaitu Permission Ruler.

Selain dapat meningkatkan keamanan privasi, aplikasi ini juga dapat meningkatkan masa pakai baterai, serta mengabaikan aplikasi tertentu yang dianggap berbahaya. Pastinya, untuk menggunakan aplikasi ini memerlukan izin root.

8. System App Remover

System App Remover Root Android

Setiap perangkat Android tentu memiliki aplikasi yang tidak penting atau yang tidak Anda inginkan, sekalipun HP itu sudah Anda root. Aplikasi itu biasanya dikenal dengan istilah Bloatware.

Bloatware adalah  perangkat lunak atau aplikasi bawaan yang terpasang pada perangkat dan dipandang kurang berguna atau sangat jarang digunakan.

Nah, Bloatware ini bisa menggunakan ruang dalam memori sehingga bisa memperlambat kinerja perangkat. Olehnya itu, aplikasi yang jarang Anda gunakan atau yang tidak penting sebaiknya Anda hapus agar tidak memakai ruang pada memori.

Salah satu aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk menghapus bloatware pada HP Android yang sudah di root adalah System App Remover. Selain itu, System App Remover juga dapat memindahkan banyak aplikasi  ke SD Card atau penyimpanan internal dalam satu klik.

Baca Ini :  Aplikasi Anyrecover Terbaik di Android

9. Titanium Backup

Aplikasi Titanium Backup

Titanium BackupĀ  adalah salah satu aplikasi pencadangan terbaik untuk HP Android yang sudah di root. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat melakukan backup dan restore ROM.

Aplikasi ini dapat memudahkan pengguna untuk mencadangkan, memulihkan, dan memproteksi data atau aplikasi, hingga menghapus bloadware atau aplikasi yang tidak penting.

Titanium Backup menawarkan berbagai fitur, seperti sinkron ke Google Drive atau Dropbox. Tetapi untuk menggunakan fitur yang lebih hanya tersedia untuk versi Pro.

10. Flashify

Flashify adalah salah satu aplikasi flashing yang bisa membantu mem-flash berbagai file gambar dan membackup data dengan mudah.

Aplikasi ini sangat populer, jika Anda mencari informasi tentang rekomendasi aplikasi untuk HP root, pasti salah satunya ada Flashify yang masuk dalam daftar rekomendasi.

Pasalnya, aplikasi Flashify tidak hanya dapat memflash gambar, tetapi juga memungkinkan beberapa tindakan seperti menghapus data, cache, dan mengambil cadangan sistem.

11. Dumpster Photo / Video Recovery

Bagi Anda yang suka mendokumentasikan momen indah kedalam perangkat Android baik itu berbentuk photo atau video. Namun, photo atau video tersebut tiba-tiba hilang entah salah hapus atau kemungkinan lainnya.

Jangan khawatir, karena aplikasi yang satu ini bisa melakukan recovery pada file photo dan video yang hilang. Ya, nama aplikasinya adalah Dumpster. Sistem kerja Dumpster sama halnya recycle bin pada PC.

File yang terhapus akan masuk ke dalam Dumpster dan untuk mengembalikannya, Anda tinggal membuka aplikasi Dumpster kemudian pilih foto atau video yang akan Anda restore.

Itulah beberapa aplikasi yang dapat Anda coba bagi yang sudah melakukan rooting pada smartphone Android. Aplikasi untuk HP root akan mempermudah mengakses dan memodifikasi sistem yang ada pada Android.

  • Bagikan Ya!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *