Sekilas Info!!
############Mohon Baca Panduan Sampai Akhir Ya!! Jika Kurang Paham Bisa Hubungi Kami WA/Email 085230288099/laporanwebid@gmail.com############
Mobile  

7 Cara Atasi Smartphone Basah Kena Air Paling Efektif

  • Bagikan Ya!!
atasi smartphone basah kena air

Smartphone kamu kemasukan air karena jatuh atau terkena air hujan atau tumpahan air. Sebaiknya tidak perlu panik, karena kami akan memberitahu Anda cara efektif atasi smartphone basah kena air. Yuk simak selengkapnya pada artikel ini hingga selesai.

Kemasukan air pada HP merupakan hal yang sangat merugikan jika sampai HP tidak bisa lagi menyala, atau ada kerusakan yang membuat HP tidak lagi berfungsi dengan normal.

Meskipun sebagian smartphone sudah menggunakan teknologi tahan air atau cairan. Tetapi, sebagian juga belum memiliki teknologi itu. Jadi, untuk menghindari kemasukan air sebaiknya harus berhati-hati ketika menggunakan atau menyimpan HP Anda.

Lalu, bagaimana jika sudah terlanjur HP Anda terkena air? Simak cara atasi smartphone basah kena air berikut ini.

Cara Atasi Smartphone Basah Kena Air

Berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk atasi smartphone basah kena air, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Segera Angkat Handphone dari Air

Cara atasi smartphone basah kena air pertama yang harus kamu lakukan yaitu segera mengangkat HP dari genangan air atau tempat dimana HP terkena tumpahan air.

Kamu harus melakukannya sesegera mungkin untuk menghindari air masuk terlalu banyak pada komponen HP melalui celah seperti lubang port jack, lubang charger, dan speaker.

Apabila HP terkena tumpahan air dalam keadaan proses charger, sebaiknya langsung lepaskan charger terlebih dahulu lalu mengambil HP untuk menghindari resiko kesetrum.

2. Matikan Handphone untuk Sementara Waktu

Setelah mengangkat HP dari tempat terendam air atau terkena tumpahan air, selanjutnya langsung menekan tombol power untuk segera mematikan HP. Jangan menekan sembarang tombol untuk menghindari terbukanya celah-celah kecil yang memungkinkan masuknya air melalui celah tersebut.

Kemudian, sebaiknya matikan HP untuk sementara waktu sampai kamu memastikan HP sudah benar-benar kering. Kamu bisa mematikannya dalam jangka waktu dua hari atau sampai tiga hari.

Jadi, saat HP kamu terkena air jangan langsung menyalakannya karena bisa menyebabkan korsleting pada komponen HP. Hal itu Anda lakukan untuk menghindari resiko kerusakan yang semakin parah.

Baca Ini :  11 Rekomendasi Aplikasi Untuk HP Root Android Terbaik

3. Lepas Baterai, SIM Card, dan Memori Card

Atasi smartphone basah kena air selanjutnya yaitu melepas komponen HP, segera lepas semua komponen yang bisa kamu lepas seperti baterai, SIM Card, dan Memori Card. Langkah ini dilakukan untuk menghindari komponen tersebut mengalami kerusakan.

Ingat! Setelah melepas semua komponen tersebut jangan terlalu menggoyang-goyang HP, agar air tidak merembes terlalu jauh ke komponen lain yang melengket pada mainboard.

Karena jika air sudah masuk terlalu dalam, bisa menyebabkan komponen HP mengalami korosi jika air tidak benar-benar kering saat kamu gunakan nantinya.

4. Keringkan Handphone dengan Lap Kering

Jika kamu sudah melepas semua komponen seperti SIM Card, Memori Card, dan baterai segera keringkan dengan menggunakan lap kering atau tisu kering. Cara atasi smartphone basah kena air ini membantu proses pengeringan HP.

Namun, komponen utama yang perlu kamu keringkan yaitu layar atau LCD. Sebab, LCD adalah komponen yang paling sensitif dan cepat rusak jika terkena air. Biasanya LCD yang sudah terkena air akan memunculkan bercak hitam pada LCD.

Akan tetapi, pada saat mengeringkan LCD hindari menggunakan alat pengering seperti hair dryer atau menjemurnya pada sinar matahari langsung, karena jika terkena panas yang berlebihan akan membuat kerusakan pada komponen HP utamanya LCD.

5. Simpan HP Kedalam Tumpukan Beras

Menyimpan HP yang terkena air kedalam beras merupakan salah satu cara yang dapat membantu proses pengeringan. Sebab, butiran beras dapat menimbulkan rasa hangat sehingga dapat menyerap cairan yang ada didalam handphone terkena air.

Untuk melakukan cara ini, kamu perlu menyiapkan wadah yang kira-kira dapat menutupi semua body HP ketika kamu masukkan kedalam tumpukan beras, bisa menggunakan baskom, tempat makanan, atau wadah lainnya.

Ketika kamu menaruhnya kedalam tumpukan beras, pastikan handphone kamu dalam keadaam mati, dan diamkan selama 1-3 hari untuk memastikan seluruh cairan terserap hingga kering.

6. Masukkan HP kedalam Tumpukan Silica Gel

Selain merendam HP kedalam tumpukan beras, kamu juga bisa menyerap kelembapan pada HP yang basah dengan memanfaatkan butiran Silica Gel. Silica Gel adalah butiran kecil seperti kaca yang dapat berfungsi sebagai pengering dalam kemasan produk.

Seperti halnya, jika Anda membeli handphone didalamnya sudah ada bungkusan kecil yang berisi butiran Silica. Biasanya, kalau membeli barang elektronik atau sepatu, Anda akan menemukan kantong kecil yang berisi silica.

Fungsi silica gel dapat membantu mengeringkan perangkat elektronik, mengawetkan makanan, dan membuat barang tetap segar dan bersih. Nah, kamu bisa memanfaatkan Silica gel untuk membantu mengeringkan HP kamu yang basah.

7. Pasangkan Kembali Komponen Handphone

Setelah mengeluarkannya dari tumpukan beras atau Silica Gel, pastikan HP kamu benar-benar kering. Jika sudah kering, pasang kembali komponen yang sudah kamu lepas seperti baterai, SIM Card, dan Memori Card.

Baca Ini :  Cara Flash Asus Zenfone 5 via ADB Fastboot Tool

Kemudian jangan langsung menyalakannya, tetapi lakukan pengisian daya terlebih dahulu menggunakan charger untuk memastikan indikator pengisian baterai handphone menyala.

Jika indikator pengisian baterai menyala, itu berarti HP Anda sudah kembali normal dan barulah Anda menyalakannya kembali. Silahkan juga uji komponen lainnya dengan melakukan beberapa tindakan untuk memastikan semua komponen dapat berfungsi dengan normal.

Nah, apabila semua komponen tidak ada yang mengalami masalah, berarti HP Anda yang basah tadi sudah normal dan bisa Anda gunakan kembali.

Hal Yang Harus di Lakukan Setelah Normal Kembali

Adapun yang perlu kamu lakukan dalam mengatasi smartphone basah kena air setelah HP kamu yang basah normal kembali, antara lain:

1. Lakukan Backup Data

Setelah memastikan HP kamu yang basah tadi sudah normal kembali, selanjutnya lakukan proses backup data agar data yang ada pada smartphone kamu dapat terselamatkan dengan cara menyalinnya ke perangkat lain, atau menyimpannya ke tempat penyimpanan cloud.

Backup data perlu kamu lakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Misalnya, setelah beberapa hari Anda gunakan ternyata HP kamu mengalami masalah serius seperti mati total.

Maka, dengan begitu Anda tidak bisa lagi menyelamatkan data penting yang ada didalamnya jika tidak bisa lagi dinyalakan.

2. Bawah HP ke Service Center

Selain melakukan backup data, sebaiknya bawah HP kamu ke service center untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut jika terjadi masalah serius pada komponennya.

Tentu hal ini akan sangat menguntungkan jika HP kamu masih memiliki garansi, sehingga kamu bisa memanfaatkan garansi tersebut untuk mendapatkan perbaikan secara gratis.

Hal Yang Harus di Hindari Saat HP Kena Air

Saat HP basah terkena air, beberapa hal yang harus kamu hindari dalam mengatasi smartphone basah kena air, yaitu:

1. Jangan Langsung Menyalakan HP

Saat mengangkat HP dari tempat terkena tumpahan air sebaiknya jangan langsung kamu nyalakan, alangkah baiknya langsung kamu matikan.

Hal ini berguna untuk menghindari adanya korselting pada komponen HP, karena komponen listrik tidak cocok dengan air saat beroperasi.

Jadi, sebaiknya langsung matikan HP kamu saat terendam air atau terkena tumpahan air agar komponen didalamnya tidak mengalami kerusakan parah.

2. Menekan Sembarang Tombol

Hal kedua yang tidak boleh kamu lakukan adalah menekan sembarang tombol. Kenapa menekan sembarang tombol tidak boleh kamu lakukan? Sebab, aktivitas tersebut dapat mendorong masuknya air melalui celah kecil yang dapat di lewati air.

Namun, jika melihat HP sekarang rata-rata mengandalkan layar sentuh untuk pengoperasian tombolnya. Tetapi, meskipun begitu tetap ada tombol yang menempel pada HP seperti tombol power dan volume suara.

Olehnya itu, tetap hindari menekan sembarang tombol agar air tidak merembet masuk kedalam komponen HP melalui celah-celah kecil dari tombol tersebut.

Baca Ini :  Cara Menghapus Kelas Di Google Classroom Sebagai Siswa Mudah

3. Menyambungkan HP dengan Charger

Saat HP dalam keadaan basah setelah terendam air atau terkena tumpahan air saat kamu melakukan pengisian daya, langsung cabut charger yang menempel pada HP.

Mencabut charger dapat memutus aliran listrik yang masuk ke komponen HP sehingga dapat menghindari terjadinya korselting.

4. Hindari Mengeringkan HP dengan Hair Dryer

Hal yang tidak boleh kamu gunakan saat proses pengeringan HP yang basah yaitu menggunakan alat pengering seperti Hair Dryer. Lebih baik menggunakan lap kering atau tisu kering.

Mengapa sebaiknya menghindari mengeringkan dengan Hair Dryer? Sebab, suhu Hair Dryer sangat panas sehingga dapat menyebabkan suhu komponen listrik pada HP cepat naik dan dapat meningkatkan resiko kerusakan.

5. Jangan Menggoyangkan Handphone Terlalu Kencang

Saat mengangkat HP dari tempat terkena tumpahan air atau pada saat proses pengeringan, usahakan jangan menggoyangkan handphone terlalu kencang.

Kamu bisa menggoyangkannya dengan pelan agar air atau cairan dapat keluar bukan justru semakin merembet ke komponen lainnya.

6. Jangan Meniup ke Dalam Handphone

Mungkin kamu mengira bahwa mengeringkan HP yang basah dengan cara meniup pada permukaan HP dapat mengeluarkan cairan pada HP. Tetapi, hal itu ternyata salah sebab justru air atau cairan akan merembes masuk kedalam komponen.

Sebab itu, hindari meniup ke dalam handphone saat mencoba mengeringkan HP kamu, seperti yang dikatakan sebelumnya sebaiknya menggunakan lap kering atau memasukkannya kedalam tumpukan beras atau Silikon Gel.

7. Hindari Menjemur HP di Bawah Matahari Langsung

Menjemur HP yang basah di bawah matahari langsung memang mampu mengeringkan dengan cepat. Akan tetapi, perlu Anda ketahui ada dampak negatif dari cara itu.

Dampaknya dapat merusak layar atau LCD HP akibat pancaran sinar matahari langsung dengan suhu panas yang sangat tinggi. Jadi, jangan pernah lakukan cara ini Ya.

8. Jangan Memasukkan HP ke Dalam Freezer

Ada sebagian orang memasukkan HP miliknya yang basah kedalam Freezer. Padahal cara tersebut merupakan tindakan yang tidak tepat. Sebab, HP yang dimasukkan kedalam Freezer justru akan membuat air tidak keluar bahkan bisa jadi membeku.

Selain itu, cara ini sangat beresiko dan berpotensi membuat HP mati total sehingga tidak bisa lagi digunakan. Jadi, cara atasi smartphone basah kena air ini jangan pernah kamu lakukan jika tidak ingin menambah masalah baru.

Itulah beberapa cara atasi smartphone basah kena air dan beberapa hal yang harus kamu hindari. Semoga dengan cara diatas dapat membuat HP kamu kembali normal dan bisa kembali digunakan.

Jadi, jika HP kamu basah karena terendam atau terkena tumpahan air, jangan langsung panik Ya, cukup kamu ikuti tips yang ada di artikel ini.

  • Bagikan Ya!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *