Sekilas Info!!
############Mohon Baca Panduan Sampai Akhir Ya!! Jika Kurang Paham Bisa Hubungi Kami WA/Email 085230288099/laporanwebid@gmail.com############

Cara Ajukan Banding Instagram Agar Postingan Tidak Dihapus

  • Bagikan Ya!!
Cara Ajukan Banding Instagram Agar Postingan Tidak Dihapus
Cara Ajukan Banding Instagram Agar Postingan Tidak Dihapus

Cara ajukan banding Instagram bisa dilakukan agar postingan yang sudah dilakukan tidak dihapus begitu saja. Ini harus dilakukan dengan baik agar postingan khususnya dalam bentuk video tidak dihapus secara sepihak oleh pihak Instagram.

Biasanya banding ini dilakukan apabila konten yang dimiliki dianggap melanggar hak cipta. Padahal bisa saja konten itu memang dibuat sendiri tetapi ada beberapa elemen yang sedikit mirip. Jadi, dianggap konten milih orang lain.

Proses banding ini bisa dilakukan secara langsung agar konten dalam bentuk video ataupun gambar kembali lagi. Namun, banding ini bisa saja berhasil atau bisa saja tidak sama sekali. Jadi, harus benar-benar dipikirkan dengan baik.

Cara Ajukan Banding Instagram

Untuk mengetahui cara ajukan banding Instagram bisa menggunakan beberapa cara di bawah ini. Lakukan dengan runtut mulai dari awal hingga akhir agar konten tidak terus dihapus.

  • Masuk ke “Profil” di Instagram.
  • Lanjut ke “Pengaturan” – “Bantuan”.
Selanjutnya ke Pengaturan Bantuan Cara Ajukan Banding Instagram Agar Postingan Tidak Dihapus
Pengaturan Bantuan
  • Pilih opsi “Permintaan Dukungan” – “Pelanggaran”.
Pilih Dukungan Pelanggaran Cara Ajukan Banding Instagram Agar Postingan Tidak Dihapus
Pilih Pilihan Dukungan Pelanggaran
  • Tunggu notifikasi muncul.
  • Pastikan untuk menerima “Nomor Referensi Dewan Pengawas”.
  • Ajukan banding dengan nomor itu.

Mengapa Banding di Instagram Ditolak?

Banding di IG Ditolak
Banding di Instagram ditolak

Ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi kenapa seseorang bisa berhasil melakukan banding atau justru sebaliknya. Simak beberapa hal di bawah ini agar banding bisa berjalan dengan lancar.

1. Hak Cipta Lagu

Cara ajukan banding Instagram biasanya dilakukan apabila ada beberapa postingan yang dihapus secara sepihak. Ini bisa terjadi karena ada lagu ataupun konten isi di dalamnya yang melanggar hak cipta.

Baca Ini :  Cara Unfollow Massal Instagram Sekaligus Lewat Aplikasi

Perlu diketahui jika musik musik yang digunakan pada video di Instagram akan selalu diawasi. Apabila ada musik yang melanggar hak cipta, biasanya akan diblokir atau langsung dihapus begitu saja.

Itulah kenapa biasanya disarankan untuk menggunakan musik yang bebas hak cipta. Jika menggunakan musik yang bebas hak cipta, kemungkinan besar akan lebih mudah untuk melakukan posting konten video.

2. Ada Tidaknya Pelanggaran

Biasanya banding hanya bisa dilakukan apabila ada pelanggaran. Apabila pelanggaran yang dilakukan cukup berat, biasanya proses banding ini akan lama. Selain itu, ada kemungkinan juga proses bandingnya akan ditolak.

Itulah kenapa disarankan untuk memahami terlebih dahulu seperti apa aturan yang dimiliki oleh Instagram. Apabila aturan yang dimiliki sudah sangat jelas, diusahakan untuk tidak melakukan pelanggaran apapun.

Karena jika sudah melakukan pelanggaran, proses banding yang dilakukan akan sulit. Jadi, disarankan untuk selalu berhati-hati dan melakukan pengecekan terlebih dahulu ketika akan melakukan posting.

3. Ada Tidaknya Laporan

Biasanya konten yang dihapus begitu saja tidak serta merta dilakukan pengecekan otomatis. Beberapa orang yang melaporkan postingan itu secara terus-menerus lah yang menyebabkan adanya penghapusan.

Apabila ada banyak sekali laporan dengan tipe yang sama kemungkinan besar akan sulit untuk mendapatkan banding. Namun, jika tidak ada pelaporan sama sekali atau cukup sedikit bisa dikembalikan.

Biasanya konten-konten yang bersifat melanggar akan lebih mudah untuk dihapus. Namun, konten-konten yang bersifat sederhana dan tidak ada maksud pelanggaran masih bisa dikembalikan lagi.

4. Waktu Pengajuan dan Menunggu

Perhatikan waktu pengajuan yang nantinya akan dilakukan. Apabila yang dihapus adalah konten video ataupun foto, kemungkinan besar faktor pengajuannya tidak akan terlalu lama.

Baca Ini :  Cara Download Sorotan IG Orang Lain Tanpa Aplikasi

Sebaliknya apabila yang bermasalah adalah akun yang ditangguhkan, kemungkinan besar akan memakan waktu yang lama. Jadi, harus berhati-hati apabila sampai akun yang dimiliki sampai ditangguhkan oleh pihak Instagram.

Cara Menghindari Konten Terhapus

Hindari konten terhapus
Jangan sampai konten terhapus

Disarankan untuk selalu menggunakan Instagram dengan baik. Salah satunya adalah dengan cara memahami konten apa saja yang bisa diposting dan apa saja yang harus dihindari agar tidak mengalami penghapusan.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan konten jadi terhapus. Jadi cara ajukan banding Instagram di atas harus dilakukan.

1. Gunakan Konten Asli

Cara ajukan banding Instagram bisa dilakukan apabila konten-konten yang ada di dalamnya adalah asli. Jadi, disarankan untuk selalu menggunakan konten yang bersifat asli ketika akan melakukan posting.

Konten yang bersifat asli ini bisa untuk gambar ataupun untuk video. Jadi, pastikan untuk menggunakan konten yang asli untuk menghindari proses penghapusan secara sepihak hingga pemblokiran pada akun.

2. Hati-hati Pakai Musik

Usahakan untuk selalu berhati-hati apabila ingin menggunakan musik. Musik yang banyak digunakan oleh orang atau musik mainstream biasanya melanggar hak cipta apabila dimanfaatkan untuk keperluan komersial.

Sebaliknya jika musik itu digunakan untuk keperluan standar saja kemungkinan besar tidak akan dihapus. Jadi, tidak ada salahnya untuk menggunakan musik yang paling sesuai tetapi masih aman untuk dipakai.

3. Hindari Konten Bermasalah

Usahakan untuk menghindari konten yang sangat bermasalah. Apabila konten itu bermasalah baik dalam bentuk suara ataupun bentuk gambar akan lebih mudah untuk diblokir atau dihapus.

Apabila sudah seperti ini, kemungkinan besar akan sulit untuk mengajukan banding. Bahkan, akun yang dimiliki juga bisa bermasalah.

Dengan mengetahui cara ajukan banding Instagram, akun yang dimiliki bisa terjaga dengan baik. Selain itu, bisa saja pengguna memang melakukan kesalahan sehingga banding yang dilakukan harus gagal secara terus-menerus.

  • Bagikan Ya!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *