Sekilas Info!!
############Mohon Baca Panduan Sampai Akhir Ya!! Jika Kurang Paham Bisa Hubungi Kami WA/Email 085230288099/laporanwebid@gmail.com############

Cara Berjualan di Facebook Marketplace Agar Cepat Laku

  • Bagikan Ya!!
Cara Berjualan di Facebook Marketplace Agar Laku Keras Tepat Sasaran
Cara Berjualan di Facebook Marketplace

Facebook Marketplace merupakan fitur secara gratis yang bisa digunakan oleh pengguna Facebook untuk melakukan pembelian atau penjualan barang. Dapat dikatakan bahwa cara berjualan di Facebook Marketplace ini sangatlah mudah dan tidak dikenakan biaya sama sekali.

Facebook memiliki fitur messenger pula yang lebih memungkinkan bagi penjual maupun calon pembeli bisa berkomunikasi lebih mudah ketika ingin melakukan transaksi. Facebook Marketplace tidak memberikan sistem pembayaran seperti pada e-commerce yang lain.

Ada dua pembayaran yang bisa disepakati kedua belah pihak, baik itu melalui COD atau Cash On Delivery maupun transfer ke rekening penjual. Adanya pilihan ini tentu lebih memudahkan para pembeli yang ingin melakukan transaksi.

Cara Berjualan di Facebook Marketplace

Cara untuk jualan secara online melalui Facebook dapat dimulai dengan cara membuat satu akun bisnis secara khusus. Proses pembuatan akun bisnis ini bisa dilakukan dengan mudah karena bisa memanfaatkan kesempatan ini secara gratis.

Terlebih lagi jualan dari marketplace FB tidak banyak syarat dan ketentuan sehingga dianggap sebagai cara yang paling mudah dan praktis. Ditambah lagi banyaknya pengguna FB yang bisa menjadi target sasaran. Berikut langkah jualan melalui marketplace FB, yaitu:

  • Pertama-tama silakan membuka browser atau langsung masuk ke aplikasi Facebook yang ada di Android.
  • Kemudian, masuklah di halaman utama.
  • Di bagian atas terdapat beberapa tombol, termasuk tombol marketplace.
  • Silakan klik tombol marketplace tersebut.
Silakan klik tombol marketplace tersebut
Klik tombol marketplace
  • Lalu akan muncul beberapa pilihan, apakah ingin mencari produk atau ingin menjual produk.
  • Berhubung ingin menjual produk, maka silahkan pilih tombol jual produk.
  • Jika sudah, barulah memasukkan informasi yang diminta. Seperti foto produk, deskripsi produk dan yang lainnya.
Jika sudah, barulah memasukkan informasi yang diminta. Seperti foto produk, deskripsi produk dan yang lainnya
Masukkan informasi yang diminta
  • Sebaiknya gunakan deskripsi selengkap mungkin dan jangan lupa untuk menyertakan nomor WhatsApp atau nomor lain yang bisa dihubungi.
  • Jika sudah barulah klik tombol selesai.
  • Silakan cek apakah produk tersebut sudah berada di list marketplace atau tidak. Jika sudah ada, maka proses berhasil dan selesai.
Baca Ini :  Cara Melihat Arsip Cerita Di FB (Facebook) Dengan Mudah

Tips Berjualan di Facebook Marketplace Agar Laku Keras

Berjualan di Facebook Marketplace Agar Laku Keras
Tips Berjualan di Facebook Marketplace

Semua pengguna Facebook bisa memanfaatkan fitur Facebook Marketplace untuk menjual atau mencari produk yang ingin dibeli. Segala jenis produk bisa ditemukan dengan mudah pada Facebook Marketplace ini.

Untuk itu, jika tertarik ingin menjual suatu produk maka harus mengetahui bagaimana cara supaya barang yang jual tersebut cepat laku dan memberikan keuntungan. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan:

1. Melakukan Riset

Riset sangatlah penting dilakukan sebelum memutuskan untuk berjualan di Facebook Marketplace. Untuk riset yang dilakukan bisa dengan melakukan pemeriksaan barang-barang apa saja yang paling banyak dicari di kategori produk yang sama seperti produk yang ingin dijual.

Jangan lupa untuk memeriksa halaman toko yang juga menjual barang. Cari tahu juga apakah banyak produk yang serupa di Facebook Marketplace. Lalu lihatlah perbedaan antara produk dari penjual lain dengan produk yang dimiliki.

Usahakan produk tersebut mempunyai keunggulan yang lebih supaya bisa menarik minat calon pembeli. Penting juga untuk meninjau harga beserta deskripsi produk yang serupa. Apabila memungkinkan, maka berikan harga produk yang lebih rendah dibandingkan dengan pesaing.

Selain itu, berikan penjelasan juga mengapa produk yang dijual memiliki harga lebih miring dibandingkan dengan yang lainnya.

2. Menggunakan Facebook Ads

Facebook Ads ini secara tidak langsung dapat memperluas jangkauan penjualan yang dilakukan oleh penggunanya. Bagaimana tidak? Pengguna Facebook ads dapat menentukan siapa saja yang menjadi target customer supaya dapat mencapai dan menjadi pembeli.

Contohnya ingin menargetkan iklan produk jualan kepada orang berdasarkan dari perilaku, minat, usia, maupun lokasi. Facebook Ads tidak hanya bisa menjangkau customer baru, akan tetapi juga dapat membantu untuk mempertahankan pelanggan serta mendorong pembeli lama.

Baca Ini :  Cara Menyembunyikan Postingan Di FB (Facebook) Dengan Mudah

Tujuannya supaya bisa melakukan pembelian kembali. Perlu diketahui bahwa Facebook ads ini cenderung mempunyai proses yang lebih cepat dan hasilnya pun juga langsung terasa. Pengguna bisa menjangkau hingga ribuan orang setiap harinya.

3. Menggunakan Kata Kunci Relevan

Cara berjualan di Facebook Marketplace selanjutnya yaitu dengan menggunakan kata kunci yang tepat. Hal ini memiliki tujuan supaya bisa mengoptimalkan penjualan. Dengan penggunaan kata kunci yang tepat ini, maka bisa mudah ditemukan di hasil pencarian oleh calon pembeli.

Misalnya ingin memasukkan nama produk, warna, model, brand, jenis, kondisi bahan atau yang lainnya, maka harus mencari riset kata kuncinya terlebih dahulu. Pilihlah kata kunci yang paling banyak dicari dan cukup ideal pada produk yang ingin dijual.

4. Memilih Kategori dengan Tepat

Pemilihan kategori dengan tepat ini harus dilakukan. Apabila pengguna menjual pakaian, maka sangat disarankan supaya tidak memberikan label produk elektronik. Hal ini dikarenakan pada kategori ini bisa membuat unggahan dianggap sebagai spam atau dilaporkan.

Bahkan bisa juga diblokir dari Facebook. Silakan memilih kategori sesuai dengan produk yang ingin dijual. Jika memasukkan kategori secara sembarangan, maka tidak hanya mempersulit pengguna akan tetapi juga membuat unggahan yang dibuat tersebut tidak ditemukan oleh target customer.

5. Menggunakan Foto yang Terbaik

Tips selanjutnya harus menggunakan foto produk yang ingin dijual. Pastikan bahwa foto tersebut real picture atau foto nyata dan dalam kondisi yang jelas. Sebaiknya memang menggunakan foto asli dari barang tersebut. Artinya, bahwa pengguna tidak perlu mengambil foto dari situs web perusahaan.

Hal ini justru akan membuat ekspektasi calon pembeli berbeda. Jika hal ini yang terjadi, maka dianggap bahwa penjual tidak jujur.

Baca Ini :  Cara Menyembunyikan Foto Di FB Lite (Facebook) Dengan Mudah

6. Menambah Deskripsi

Tips selanjutnya yaitu dengan menyertakan deskripsi. Deskripsi yang dimaksud yaitu perihal bagaimana kondisi barang tersebut secara mendetail. Misalnya apabila barang yang dijual adalah pakaian, maka harus mendeskripsikan dengan lengkap.

Baik itu dari segi ukuran, warna, nama brand, jenis kain yang digunakan, model, stok yang ready atau informasi mendetail yang lainnya. Selain itu, penting juga untuk mendeskripsikan mengenai kelebihan dan kekurangan dari produk yang dijual.

Dengan cara inilah, maka calon pembeli tidak akan banyak bertanya kepada penjual dan bisa memastikan bahwa produk yang ingin dibeli tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan calon pembeli.

7. Mengikuti Grup Jual Beli Relevan

Facebook mempunyai banyak grup yang dapat diikuti dengan mudah bagi para audiens atau pengguna Facebook. Tidak ada salahnya jika ikut serta bergabung dengan salah satu grup jual beli paling relevan sesuai dengan kategori produk yang dijual.

Contohnya saja, apabila menjual pakaian bayi maka bisa bergabung dengan grup yang memiliki anggota wanita hamil atau ibu yang baru melahirkan. Hal ini bisa membantu penjual bertemu dengan pembeli lebih mudah dan bisa berpeluang untuk membeli produk yang ditawarkan tersebut.

Cara berjualan di Facebook Marketplace memang dapat dikatakan susah-susah gampang karena untuk menjual sebuah produk membutuhkan trik tertentu supaya bisa sampai ke calon pembeli dengan mudah dan tepat sasaran. Untuk itu silakan mengikuti beberapa tips di atas.

  • Bagikan Ya!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *