Sekilas Info!!
############Mohon Baca Panduan Sampai Akhir Ya!! Jika Kurang Paham Bisa Hubungi Kami WA/Email 083175231437/jorgiaryfa12@gmail.com############

Cara Membuat Google Form

  • Bagikan Ya!!
Cara Membuat Google Form

Seperti yang telah diketahui bersama bahwa ada banyak sekali kegunaan dari Google form. Akan tetapi tak sedikit yang belum mengetahui bagaimana cara membuat Google form. Jika Anda salah satu dari orang yang belum mengetahui, tak perlu khawatir karena sebenarnya cara membuatnya sangatlah mudah. Berikut ini informasi lebih lengkapnya.

Fungsi dan Manfaat Google Form

Cara Membuat Google Form

Ada banyak sekali kegunaan dari Google form yang perlu Anda ketahui. Tentu saja hal ini bisa memudahkan pekerjaaan sebagian orang tertentu. Kira-kira apa saja kegunaan dari Google form itu sendiri? Simak informasi lengkap tentang fungsi dari Google Form dibawah ini.

1. Sebagai Form Pendataan Kontak

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara membuat Google form maka Anda perlu tahu terlebih dahulu kegunaannya. Adapun kegunaan Google form pertama yaitu sebagai form pendataan kontak.

Bila Anda ingin melakukan pendataan kontak dari anggota berupa email atau nomer telepon untuk tujuan tertentu maka Google Form menjadi salah satu solusi yang tepat. Hal tersebut karena bisa memudahkan dan mempercepat Anda dalam mengumpulkan informasi tersebut.

2. Sebagai Form Pendaftaran Kerja

Tak hanya untuk mendata kontak, kegunaan Google form lain yang biasa digunakan adalah sebagai form pendaftaran kerja. Cara ini merupakan cara yang banyak dilakukan oleh perusahaan untuk menjaring calon karyawan. Tak hanya perusahaan kecil dan berkembang saja melainkan beberapa perusahaan besar juga beberapa ada yang menggunakannya.

Dengan menggunakan Google form maka Anda tidak perlu membuat form menggunakan format jenis Google docs melainkan hanya perlu untuk memasukkan pertanyaan serta jawaban dari kandidat karyawan yang diinginkan.

3. Sebagi Form Isian Reservasi Event

Kegunaan selanjutnya yaitu sebagai form isian reservasi event. Dengan menggunakan Google form maka Anda tidak perlu mengirimkan format pendaftaran secara manual. Anda dapat mengirimkan link yang berisikan form untuk meminta data atau bahkan memberikan informasi yang diperlukan dari Google form.

4. Sebagai Kuisioner

Banyak pula yang menggunakan Google form untuk kuisioner. Kuisioner memiiki berbagai tujuan bisa berupa kritik, saran, feedback untuk bahan evaluasi, pertanyaan, bahkan untuk tujuan penelitian ilmiah.

5. Sebagai Form Pendaftaran Lomba

Cara membuat Google form terbilang cukuplah mudah. Tak heran bila banyak yang meggunakan Google Form untuk berbagai keperluan seperti untuk pendaftaran lomba. Dengan menggunakan Google form maka file yang Anda butuhkan baik untuk lomba, perekrutan karyawan, dan apapun sejenisnya bisa dilakukan dengan mudah.

6. Sebagai Form Pembelian Produk

Kegunaan Google form lainnya yaitu biasa digunakan untuk form pembelian produk. Dengan menggunakannya maka Anda tidak perlu melakukan pencatatan secara manual. Anda dapat menyertakan Google form untuk para pelanggan produk yang Anda jual.

Akan lebih baik lagi bila Anda memakai website toko online supaya pembeli dapat langsung melakukan pembelian seta data pun akan secara otomatis tersimpan di dalam data base. Wah, bisa memudahkan pekerjaan bukan?

Cara Membuat Google form

Setelah Anda mengetahui beberapa kegunaan Google form seperti yang telah disebutkan diatas pasti Anda tertarik untuk membuatnya. Bagi Anda ingin membuat namun masih bingung bagaimana caranya maka langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

1. Membuat dengan Google Drive

Ada 2 metode yang bisa Anda lakukan untuk membuat Google Form. Adapun metode pertama yang bisa Anda lakukan yaitu melalui Google drive. Namun sebelum memulai membuat dengan metode ini maka pastikan Anda telah mempunyai akun Google terlebih dahulu yang dapat dibuat secara gratis.

  • Buka Google Drive milik Anda
  • Selanjutnya klik New pada sebelah kiri atas

Setelah Anda mengklik tulisan New pada sebelah kiri atas maka akan muncul beberapa pilihan layanan Google.

  • Pilih Google Forms

Sesuai dengan tujuan Anda yaitu membuat Google Form, maka Anda harus memilih tulisan Google Forms diantara beberapa layanan yang disediakan.

  • Form terbuat

Anda bisa menyesuaikan form sesuai dengan kebutuhan dan keinginan

2. Membuat Melalui Link Google

Metode kedua yang bisa Anda lakukan untuk membuat Google Form yaitu melalui Link Google. Adapun langkah-langkah bagaimana cara membuatnya akan dijabarkan dibawah ini.

Setelah mengklik link tersebut Anda akan berada di halaman utama

  • Pada halaman utama, pilih form kosong atau gunakan template yang tersedia
  • Form terbuat

Anda bisa melakukan pengeditan untuk menyesuaikan formulir yang diinginkan

Lakukan Hal Ini untuk Membuat Pertanyaan

Cara membuat Google form nampaknya tak berhenti setelah form terbuat saja melainkan ada hal lainnya yang perlu Anda lakukan yaitu dengan melakukan langkah-langkah dibawah ini untuk menambah pertanyaan dan juga agar menghasilkan Google Form yang baik.

  • Menentukan Tujuan Membuat Form

Setelah Anda mengetahui kegunaan dan cara membuat Google form maka Anda perlu mengingat kembali tujuan awal membuatnya akan digunakan untuk apa.

  • Membuat Daftar Pertanyaan

Langkah selanjutnya yang perlu Anda pikirkan adalah dengan membuat daftar pertanyaan. Ada beberap jenis dari jawaban yang dapat Anda pilih seperti jawaban panjang, pendek, pilihan ganda, tanggal, waktu, checkbox, unggah file dan lain sebagainya yang akan menjadi penentu jenis respon pengisi form.

  • Mengklik ikon (+) pada sebelah kanan untuk menambah pertanyaan yang baru.
  • Tentukan pula apakah pertanyaan yang diajukan apakah wajib dijawab atau tidak.
  • (Opsional) Tambahkan sebuah gambar dengan cara mengklik ikon gambar.
  • Pada pertanyaan dengan jawaban checkboxes atau pilihan ganda, Anda bisa menambahkan piihan bebas yang dapat diisikan seniri oleh pengisi form. Adapun caranya dengan klik tulisan add other.
  • Ada beberapa jenis jawaban yang dapat Anda minta ke responden sesuai dengan kebutuhan. Seperti skala linear yang biasanya dipakai utuk kuesioner atau mengunggah sebuah file untuk meminta data berupa audio, video, atau konten visual.
  • Bila diperlukan maka jangan lupa untuk meminta informasi pribadi untuk saling bertukar informasi seperti akun media sosial, nomer telepon, atau email.
  • Anda juga dapat membagi section dari pertanyaan sesuai dengan kebutuhan Anda. Caranya dengan mengklik ikon yang letaknya paling bawah lalu masukkan judul serta deskripsi baru untuk section yang baru ini.
  • Setelah form yang Anda buat jadi maka Anda bisa melakukan preview dengan cara mengklik ikon mata dan halaman yang Anda tuju akan muncul di tab yang baru.
  • Untuk melakukan perubahan tampilan dari form maka Anda dapat mengedit tampilannya dengan cara klik ikon palet cat yang tersedia didalam menu tersebut.

Demikian pembahasan lengkap tentang bagaimana cara membuat Google form. Setelah Anda mengetahui informasi tersebut maka diharapkan yang sebelumnya bingung bagaimana cara melakukannya menjadi bisa dengan mengikuti beberapa panduan yang telah disebutkan diatas. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat dan bisa membantu Anda mempercepat dan memudahkan pekerjaan.

  • Bagikan Ya!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

x