Sekilas Info!!
############Mohon Baca Panduan Sampai Akhir Ya!! Jika Kurang Paham Bisa Hubungi Kami WA/Email 083175231437/jorgiaryfa12@gmail.com############

Cara Membuat Kuesioner di Google Form

  • Bagikan Ya!!
Cara Membuat Kuesioner di Google Form

Cara membuat kuesioner di Google Form sebenarnya mudah sekali dilakuan. Akan tetapi tak semua orang bisa melakukannya. Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara melakukannya maka simak informasi lengkapnya berikut ini.

Apa Itu Kuesioner?

Mungkin bagi sebagian dari Anda tak asing lagi mendengar kuesioner. Lalu apa yang dimaksud kuesioner sebenarnya? Kuesioner merupakan sebuah alat survey yang terdiri dari rangkaian pertanyaan tertrulis. Adapun tujuan dari kuesioner ini yaitu untuk memperoleh tanggapan dari kelompok terpilih.

Cara melakukannya pun beragam ada yang melalui wawancara, menjawab pertanyaan, dan lain sebagainya. Bila pertanyaan telah terjawab oleh responden maka jawaban tersebut merupakan data yang sudah bisa diolah untuk kepentingan masing-masing.

Kuesinoner biasanya sering digunakan para mahasiswa yang sedang melakukan penelitian, pendaftaran beberapa seminar, atau bahkan ada yang menggunakannya untuk bisnis misalnya untuk mendapatkan data dari pembeli.

Kuesioner Online di Google Form

Jika dulu kuesioner menggunakan kertas yang berisi pertanyaan lalu dibagikan sekarang ini orang bisa melakukannya dengan mudah yaitu secara online dengan menggunakan Google Form. Dengan kemudahan tersebut tentu saja bisa membantu dan mempercepat pekerjaan orang-orang tersebut.

Akan tetapi bagaimana cara membuat kuesioner di Google Form untuk sebagian orang menjadi suatu kendala karena masih bingung melakukannya. Bila Anda termasuk orang yang masih bingung tersebut maka tak perlu cemas, dibawah ini akan dijelaskan bagaimana cara melakukannya dengan mudah.

Cara membuat kuesioner di Google Form

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa sebenarnya cara membuat kuesioner di Google Form itu sangatalh mudah asalkan Anda sudah mengetahui apa saja langkah-langkahnya. Untuk membuat kuesioner Google Form ikuti langkahnya berikut ini.

1. Masuk ke Halaman Google Form

Pertama yang perlu Anda lakukan untuk membuat kuesioner di Google Form yaitu mengakses situs Google Form yaitu https://docs.google.com/forms. Setelah Anda mengklik link tersebut maka Anda akan menemukan kotak untuk login ke dalam akun Google.

Untuk login ke akun Google maka yang Anda perlukan hanyalah email atau ponsel serta password. Akan tetapi bagi Anda yang belum mempunyai akun Google maka Anda harus membuat akun terlebih dahulu dengan cara menklik tulisan Buat Akun disebelah kiri bawah dalam kotak.

Bila sudah berhasil membuat akun Google maka Anda bisa lanjut ke langkah kedua cara membuat membuat kuesioner di Google Form. 

2. Masukkan Email dan Password Akun Google

Setelah Anda berhasil memiliki akun Google maka langkah berikutnya adalah memasukkan email atau nomer ponsel serta password. Yang pertama Anda masukkan terlebih dahulu yakni email atau nomer ponsel.

Bila email atau nomer ponsel telah berhasil diketikkan maka klik tulisan Berikutnya. Kemudian, Anda harus memasukkan password di kolom yang sudah disediakan. Pastikan saat memasukkan email atau nomer ponsel serta password Anda mengetikannya dengan benar.

Bila Anda lupa password yang digunakan maka tak perlu cemas karena yang perlu Anda lakukan hanya mengklik tulisan Lupa Sandi? Kemudian mengikuti semua pertunjuk yang ada.

Baca juga: Cara Mengetahui Jawaban di Google Form Mudah

3. Pilih Template yang Disediakan

Bila sudah berhasil login maka Anda akan melihat tampilan awal dari Google Form. Pada halaman tersebut terdapat template yang sudah disediakan oleh Google. Bagi Anda yang sudah cukup dengan memakai template yang disediakan tersebut maka pilihlah satu template dari banyaknya pilihan.

Bila Anda ingin membuat template dari awal maka Anda bisa mengikuti langkah cara membuat kuesioner di Google Form selanjutnya.

4. Membuat Form Baru

Jika Anda belum pernah membuat kuesioner sebelumnya maka yang harus dilakukan adalah mengklik tanda (+) untuk membuat formulir baru. Dari situlah akan dimulai semuanya dari awal.

Setelah Anda mengklik tanda (+) maka akan muncul tampilan formulir yang kosong. Tak ada judi, deskripsi, dan pertanyaan-pertanyaan.

5. Memberi Judul

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa bila Anda memulai semuanya dari awal maka tampilan formulir akan kosong salah satunya tidak ada judul. Maka langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan membuat judul.

Saat membuat judul maka Anda harus mengingat kembali tujuan awal Anda membuat kuesioner di Google Form ini untuk tujuan apa. Setelah Anda mengetahui tujuan membuatnya, berikutnya menuliskan judul dari kuesioner tersebut.

Tak hanya judul, Anda juga harus menuliskan deskripsi singkat di kolom yang letaknya dibawah judul form. Untuk deskripsi singkat ini Anda bisa mengisikannya berupa penjelasan singkat untuk calon pengisi kuesioner misalnya bagaimana cara mengisikannya dan lain sebagainya.

6. Membuat Pertanyaan

Selanjutnya, ketikkan pertanyaan pertama yang akan Anda tanyakan. Akan tetapi biasanya untuk pertanyaan pertama ini diawali dengan menanyakan nama responen. Untuk format pertanyaannya terserah Anda.

Anda bisa mengetikkan seperti ‘Siapa Nama Lengkap Anda?’ atau ‘Nama Lengkap’. Anda bisa menyesuaikan bagaimana formatnya sesuai dengan kebutuhan.

Setelah itu, Anda harus memikirkan bentuk jawaban yang sepeti apa pada kuesioner tersebut. Apakah pilihan ganda, esai, atau lainnya. Namun jika pertanyaannya tentang nama responden maka Anda harus mengganti dengan mengklik bagian combobox kemudian pilih jawaban singkat.

Nama merupakan salah satu hal yang penting saat mengisikan sebuah kuesioner maka diharuskan sekali responden mengisinya. Untuk menghindari jawaban yang kosong maka Google Form memberikan cara yaitu dengan mengaktifkan tulisan Wajib Diisi yang letaknya dibagian bawah sebelah kanan.

Setelah pertanyaan beres, Anda dapat menambahkan pertanyaan lain untuk memperoleh data lain sesuai dengan yang dibutuhkan. Misalnya nomer telepon responden yaitu dengan cara mengklik tanda (+) pada bagian kanan. Selanjutnya akan muncul kolom pertanyaan baru.

Bila Anda menyediakan kolom nomer telepon maka akan muncul validasi daya. Adapun tujuannya yaitu untuk menghindari kesalahan input data. Karena bukan tidak mungkin responden akan mengisikan angka 0 dengan huruf o. Tentu saja hal tersebut akan menjadi tidak valid.

Anda juga bisa menambahkan teks kesalahan khusus untuk para responden. Misalnya ‘Hanya bisa diisi dengan angka!’ maka saat responden mengisikan jawaban dari pertanyaan dengan huruf maka akan muncul teks peringatan tersebut.

Bila Anda akan menambahkan sebuah gambar atau ikon Google Form mendukungnya. Caranya klik Pilih Gambar untuk Diupload lalu masuk ke file explorer untuk mencari ikon atau gambar yang akan diuplod kemudian klik OK.

Jika Anda ingin memakai gambar atau ikon pada Google Form maka perlu terlebih dahulu Anda menyesuaikan antara ukuran gambar dan ukuran formnya supaya form terlihat rapih dan bagus dilihat.

Itulah beberapa langkah mudah untuk bagaimana membuat Kuesioner online di Google Form. Pastikan Anda membaca dan memahaminya dengan benar agar tak kebingungan saat akan memulai membuatnya. Semoga informasi cara membuat kuesioner di Google Form yang telah dijelaskan diatas bisa bermanfaat dan membantu Anda.   

  • Bagikan Ya!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

x