Sekilas Info!!
############Mohon Baca Panduan Sampai Akhir Ya!! Jika Kurang Paham Bisa Hubungi Kami WA/Email 085230288099/laporanwebid@gmail.com############
Mobile  

Cara Mengatasi Aplikasi Yang Tidak Bisa dibuka di Android

  • Bagikan Ya!!
Cara Mengatasi Aplikasi Yang Tidak Bisa dibuka di Android

Banyak aplikasi yang sering terjadi error di smartphone Android, error tersebut cukup beragam dan ada yang bisa diatasi dengan cepat maupun tidak sama sekali. Kali ini akan membahas cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka di android dengan mudah.

Sebelum masuk ke pemhaban selbih lanjut, di Android sendiri memiliki 2 aplikasi yakni pertama adalah aplikasi bawaan, dan yang kedua adalah aplikasi dari pihak ke 3 melalui download Google Playstore.

Untuk aplikasi bawaan sendiri Android biasanya terinstall paketan seperti Gmail, Chrome, Music Player, Galeri, Kontak, Pesan. Dan untuk pihak ke 3 yang membedakannya adalah aplikasi seperti WhatApp, Facebook, TikTok, Instagram, Telegram dan lain sebagainya.

Lalu apa penyebab aplikasi Android sulit untuk dibuka? biasanya Android akan menampilkan notifikasi seperti “aplikasi terhenti”, “not responding”. “not enough memory” dan lain sebagainya.

Baca lainnya: Cara Update Aplikasi Di PlayStore Terbaru HP Android Mudah

Itulah semacam pesan error pada Android sehingga tidak bisa dibuka aplikasi tersebut. Bermacam-macam penyebab sehingga aplikasi sulit untuk dibuka. Sebagian pengguna akan merasa bingung dan itu megangap bahwa handphone sedang error. Nyatanya bisa Anda atasi dengan mudah dan cepat ketika mengalami masalah seperti itu.

Beberapa penyebab ini mungkin yang terjadi pada smartphone Android Anda:

  1. Memori internal penuh : sering kali permasalahan di Android adalah penyimpanan yang habis yang berakibat aplikasi sulit untuk dibuka. Sebab pada Android pada ponsel tertentu membutuhkan ruang yang cukup untuk memproses data dari aplikasi. Pastikan menggunakan memori yang bijak dalam penyimpanan data, bisa menghapus gambar yang tidak berguna atau memindahkannya ke komputer.
  2. Bug aplikasi crash : aplikasi yang crash pada pihak ke 3 ketika download melalui Google playstore cukup banyak. Bug pada aplikasi sendiri bisa di atasi yakni pembaruan dari update yang dilakukan oleh developer.
  3. Cache : penyebab tidak bisa dibuka aplikasi adalah menumpuknya file cache pada handphone, pengguna bisa menghapus cache pada aplikasi bawaan smartphone Android yang tersedia.
  4. Ram penuh : keluarkan aplikasi yang tidak berguna ketika selesai mengunakannya dan juga pastikan tidak ada aplikasi berjalan di latar layar ketika sedang mati. Atau bisa menghapus agar memori ram penuh lagi melalui aplikasi bawaan pembersih ram.
  5. Bug sistem : sistem bisa saja error dikarenakan tidak melakukan udpate ke versi baru. Banyak aplikasi yang tersedia memang membutuhkan versi terbaru saja. Jika versi aplikasi terdapat minimal Android yang digunakan dan Anda tidak sesuai dengan versi os tersebut, sudah pasti aplikasi tidak bisa untuk dibuka.
  6. Versi beta : aplikasi yang versi beta memang mengalami banyak masalah, sehingga ini hal yang wajar ketika aplikasi megalami crash atau tidak bisa di aplikasi. Dari feedback yang diberikan nantinya akan membuat aplikasi menjadi lebih baik.

Cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka di android

Bagi yang mengalami kerusakan pada aplikasi bisa menggunakan beberapa cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka di android agar bisa digunakan sebagai solusi untuk Anda.

Langkah-langkah cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka di android :

Restart Android

Mencoba dengan cara pertama adalah melakukan restart pada ponsel Android, cara sederhana untuk menghilangkan pengunaan RAM yang terpakai. Tidak ada salahnya menggunakan cara pertama ini agar aplikasi bisa dibuka kembali.

Menghapus cache aplikasi

Bisa membersihkan cache pada aplikasi, dengan bantuan ini setidaknya aplikasi seperti tampilan waktu pertama kali di download. Menghapus cara seperti ini sangat pentingjika terjadi penumpukan pada memori internal aplikasi.

Untuk langkah-langkah membersihkan bisa menggunakan cara ini:

  • Masuk ke pengaturan pada ponsel Android
  • Cari aplikasi masuk ke kelola aplikasi
  • Masuk ke info aplikasi
  • Lalu klik bersihkan cache

Dengan menggunakan cara ini 95% aplikasi berhasil dibuka kembali dan Anda bisa memainkan aplikasi tersebut.

Aplikasi pembersih untuk clear cache

Pada ponsel tertentu tersedia aplikasi bawaan untuk membersihkan cache sampah di memori internal. Seperti pada contoh handphone Xiaomi yang tersedia aplikasi untuk mendeteksi file sampah.

Untuk caranya bisa menggunakan:

  • Buka aplikasi pembersih Android
  • Lakukan scan sampai selesai proses perhitungan
  • Klik pembersih dan tunggu sampai sistem membersihkan file sampah cache tersebut

Hapus semua data

Bisa menggunakan bawaan handphone pada pengaturan untuk hapus semua data aplikasi, menghapus ini bukan untuk menguninstall aplikasi. Melainkan membuat aplikasi seperti layaknya baru diinstall.

Baca Ini :  Cara Update Google Play Store Versi Terbaru Mudah Dan Lengkap

Dengan cara ini, seperti history, data login di aplikasi tersebut juga ikut terhapus. Untuk cara penggunaannya bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Masuk ke pengaturan pada ponsel Android
  • Cari aplikasi masuk ke kelola aplikasi
  • Masuk ke info aplikasi
  • Lalu klik hapus semua data

Update aplikasi Android

Android aplikasi tentunya mengalami pembaruan developer baik setiap minggu, bulan atau tahunan. Developer yang aktif tentunya selalu mengupdate aplkasi mereka dengan tampilan serta versi Android yang ditingkatkan.

Pastikan aplikasi Anda sudah diupdate semua, untuk langkah-langkah melakukan update bisa melalui buka aplikasi Google play store ➤ lalu pilih settings di pojok kanan atas ➤ pilih update semua.

Install ulang aplikasi

Bisa melakukan uninstall dan menginstall ulang aplikasi secara manual. Cara ini juga terbukti berhasil dan juga tentunya resiko tingkat kegagalannya sangat kecil. Banyak aplikasi yang diinstall ulang karena crash dan berhasil dibuka lagi.

Reset hp setelan pabrikan

Jika masih cara diatas tidak bisa, cara yang paling ampuh dijamin 97% berhasil adalah dengan melakukan install ulang ke setelan pabrik. Untuk caranya sebagai berikut:

  • Masuk ke menu setting pada ponsel
  • Pilih cadangan & setel ulang
  • Pilih kebalikan ke setelan pabrik
  • Klik setelan ulang telepon dan masukan PIN atau kode santi yang dibuat

Itulah beberapa cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka di android semoga dengan tutorial diatas dapat membantu apk atau aplikasi smartphone kembali dengan normal.

  • Bagikan Ya!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *