Sekilas Info!!
############Mohon Baca Panduan Sampai Akhir Ya!! Jika Kurang Paham Bisa Hubungi Kami WA/Email 085230288099/laporanwebid@gmail.com############

4 Cara Upload Foto di Instagram Agar Tidak Pecah & Terpotong

  • Bagikan Ya!!
Cara Upload Foto di Instagram Agar Tidak Pecah
Upload Foto di Instagram

Sebagai pengguna Instagram, membagikan foto di feed terkadang memerlukan usaha lebih. Salah satunya adalah mengedit foto. Permasalahan yang sering dijumpai adalah foto pecah setelah diupload. Cara upload foto di Instagram agar tidak pecah dapat disimak berikut ini.

Terdapat dua fitur upload foto di Instagram, yaitu upload di Instagram Story dan di feed Instagram. Saat mengupload foto di Instagram, tentunya hasil yang diinginkan foto tidak pecah. Jika foto pecah, maka akan mengurangi keindahan feed Instagram yang menjadi daya tarik.

Memang terdapat beberapa alasan yang membuat foto menjadi pecah setelah diupload. Namun, masalah tersebut dapat diatasi dengan beberapa cara sederhana yang memungkinkan foto tidak terlalu pecah setelah diupload. Simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Upload Foto di Instagram Agar Tidak Pecah

Foto yang pecah akan mengurangi keestetikan foto dan feed Instagram. Namun, jangan khawatir terdapat tiga cara yang dapat dilakukan pengguna Instagram sebelum mengupload foto agar foto tetap pada resolusi yang bagus.

Cara upload foto di Instagram agar tidak pecah bagaimana? Apa saja cara-caranya? Ini dia opsi yang ada:

1. Mengatur Foto Sesuai dengan Standar Instagram

Foto Sesuai dengan Standar Instagram
Mengatur Foto Sesuai Standar Instagram

Instagram memiliki format layout upload foto square, portrait, dan landscape. Resolusi foto yang tinggi akan menghasilkan foto yang tajam. Berikut ini rekomendasi resolusi dan format layout agar foto tidak pecah saat diupload:

  • Layout dengan format square (kotak). Format ini memiliki perbandingan aspek rasio 1:1 dengan ukuran resolusi terbaik adalah 1080 pixel x 1080 pixel.
  • Layout dengan format portrait (tegak berdiri). Format ini memiliki perbandingan aspek rasio 4:5 dengan ukuran resolusi terbaik adalah 1080 pixel X 1350 pixel.
  • Layout dengan format landscape (memanjang ke samping). Format ini memiliki perbandingan aspek rasio 1,91:1 dengan ukuran resolusi terbaik adalah 1080 pixel X 608 pixel.
Baca Ini :  2 Cara Upload Foto Besar di Instagram Agar Tidak Terpotong

2. Mengatur Resolusi Foto di Kamera

Mengatur Foto di Kamera
Resolusi Foto di Kamera

Cara upload foto di Instagram agar tidak pecah yang kedua adalah mengatur resolusi kamera HP. Perhatikan fakta-fakta berikut ini untuk mengatur resolusi kamera HP:

  • Atur resolusi kamera ke resolusi yang tinggi, yaitu 1080 piksel agar foto hasil jepretan tajam. Kemudian atur rasionya ke 1.91:1 dan 4:5.
  • Atur tinggi resolusi pada 566 pixel dan 1350 pixel dengan lebar 1080 pixel.

3. Mengedit Foto Menggunakan Aplikasi Editing

Foto Menggunakan Aplikasi Editing
Edit Foto Menggunakan Aplikasi

Cara agar foto tidak pecah saat diupload di Instagram adalah dengan foto harus melalui proses edit terlebih dahulu menggunakan aplikasi editing. Banyak jenis aplikasi editing yang dapat ditemukan dan di-download di Play Store atau di App Store.

Beberapa aplikasi yang dapat digunakan adalah PicsArt, PicSay, Adobe Photoshop Mobile, atau software Adobe Photoshop dan Adobe Lightroom di PC. Hal yang perlu dilakukan menggunakan aplikasi editing tersebut adalah mengubah resolusi dan kualitas foto.

4. Mengubah Setting Unggahan di Instagram

Cara upload foto di Instagram agar tidak pecah salah satunya dapat dilakukan dengan mengubah setting unggahan langsung di Instagram. Caranya dengan membuka menu Pengaturan.

  • Buka aplikasi Instagram di HP
  • Tap pada ikon profil di layar bagian kanan bawah
  • Masuk ke ikon tiga baris sejajar menurun di layar bagian pojok kanan atas
  • Lalu pilih menu Pengaturan dengan ikon bergerigi
  • Pilih menu Akun
  • Tap menu Pengaturan Data Seluler
Pengaturan Data Seluler
Pilih Pengaturan Data Seluler
  • Aktifkan “High quality uploads
Aktifkan quality uploads
Aktifkan High quality

Penyebab Foto Pecah Saat Diupload di Instagram

Foto Pecah Saat Diupload di Instagram
Penyebab Foto Pecah

Sebenarnya memang terdapat faktor yang menyebabkan foto pecah saat diupload di feed Instagram. Simak apa saja faktor-faktor penyebabnya di bawah ini:

1. Foto Dikompress Instagram

File foto yang diunggah di Instagram sudah dikompress atau disesuaikan ukuran dan grafik fotonya oleh aplikasi ini. Instagram mengkompres foto agar server mereka tidak penuh dengan cepat. Pasalnya jika server penuh, maka penggunaan bandwidth menjadi besar.

Baca Ini :  Cara Mengatasi Musik Reels Tidak Lengkap Mudah 100% Berhasil

Bandwidth atau lebar pita adalah kecepatan maksimum transfer data melintasi jalur tertentu. Contohnya, jika file foto yang akan diunggah berukuran 5 mb, foto tersebut akan dikompres menjadi berukuran 500 kb. Dengan begitu, otomatis kualitas foto akan berubah.

Jadi, lebih baik mengupload foto dengan ukuran atau resolusi yang tinggi agar saat Instagram mengompress foto tersebut hasilnya tidak terlalu pecah dan buram.

2. Ukuran Foto yang Tidak Sesuai

Selain kualitas foto, ternyata ukuran juga berperan mengapa foto menjadi pecah saat diunggah di Instagram. Ukuran foto tergantung pada resolusi kamera yang digunakan.

Semakin kecil ukuran foto, semakin rendah kualitas unggahan. Sebaliknya, jika foto terlalu besar akan terkompresi dan hasilnya mungkin buram.

3. Sinyal Internet yang Lemah

Penyebab ketiga foto menjadi pecah saat diupload di Instagram adalah karena sinyal internet yang lemah. Sinyal internet yang lambat juga dapat menghambat proses loading foto setelah diunggah sehingga membuat foto terlihat pecah dan buram.

Bagi pengguna Instagram yang ingin mengupload foto di feed Instagram, cara upload foto di Instagram agar tidak pecah perlu diketahui. Cara ini berguna agar hasil foto setelah diupload tidak rusak dan tetap estetik agar mendapat like yang banyak.

  • Bagikan Ya!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *