Sekilas Info!!
############Mohon Baca Panduan Sampai Akhir Ya!! Jika Kurang Paham Bisa Hubungi Kami WA/Email 085230288099/laporanwebid@gmail.com############

Rekomendasi 10 Emulator Android Terbaik yang Enteng untuk PC

  • Bagikan Ya!!
10 Emulator Android Terbaik yang Enteng untuk PC

Buat kamu yang ingin memainkan game Android atau mengakses APK lewat PC, kamu bisa pakai emulator Android sebagai alternatif dari menggunakan HP Android-mu sendiri.

Dan kalau kamu bingung memilih apa emulator yang harus dipakai, daftar rekomendasi emulator Android terbaik berikut ini bisa jadi panduan buat membantumu memilih.

Apa Itu Emulator?

Emulator sendiri merupakan sebuah program yang bisa membantu pengguna PC atau laptop mengoperasikan sistem operasi perangkat lain secara langsung dari PC/laptop yang digunakan. Contohnya ya mengoperasikan sistem operasi Android lewat PC atau laptop Windows.

Dengan begitu, kamu tidak perlu harus menggunakan HP Android-mu sendiri. Cara ini bisa jadi alternatif yang lebih aman apalagi jika kamu mau menggunakan APK. Di samping itu, penggunaan emulator juga bisa jadi solusi untuk main game Android dengan layar yang lebih besar.

Kalau begitu, apa saja ya rekomendasi emulator yang perlu kamu lirik dan pertimbangkan sebelum memilih? Simak dulu daftar rekomendasinya di bawah ini dan selamat membaca!

Rekomendasi Emulator Android Terbaik untuk PC

Ini dia daftar 10 emulator Android terbaik yang sudah kami siapkan spesial untuk kamu.

1. Bluestacks 5

Buat kamu yang sudah cukup familiar dengan emulator, nama Bluestacks barangkali sudah tak lagi asing di telingamu. Soalnya, Bluestacks memang bisa dibilang merupakan emulator Android terpopuler saat ini. Wajar mengingat bahwa Bluestacks sudah lama hadir dan pengembangnya rutin melakukan update untuk meningkatkan performanya.

Untuk saat ini, versi terbarunya adalah Bluestacks 5. Dan emulator Android ini tak hanya bisa digunakan di perangkat desktop yang menjalankan OS Windows saja, karena Bluestacks juga bisa kamu gunakan di MacBook-mu.

Baca Ini :  Cara Transfer Ovo ke Bank Mandiri, Ternyata Gampang Banget!

2. MEmu

Aplikasi emulator yang satu ini memiliki kompatibilitas yang lengkap dengan chip AMD maupun intel. Di samping itu, di emulator MEmu kamu juga bisa langsung memanfaatkan akses root sehingga kamu bisa mengulik OS Android-nya dengan jauh lebih leluasa.

Ketika dioperasikan, MEmu menampilkan sidebar yang ada di sisi kanan window. Pada sidebar tersebut, kamu bisa temukan banyak pilihan opsi fungsi dan fitur penting yang pasti bisa meningkatkan kemudahan serta kenyamananmu selama menggunakan emulator Android yang satu ini.

Dan jika kamu mengalami kendala selama penggunaannya, ada forum MEmu yang bisa diakses untuk mendapatkan solusinya, cek rilis update terbaru, hingga update berita lainnya.

3. ARChon

Rekomendasi berikutnya adalah ARChon, yang bisa kamu operasikan sebagai extension di browser Google Chrome. Artinya, kamu tidak perlu men-download dan meng-install program aplikasi baru jika kamu memilih ARChon sebagai emulator enteng di PC-mu.

Meski demikian, kamu juga perlu tahu dari awal bahwa keberadaan ARChon sebagai sebuah extension browser berarti bahwa emulator ini punya kemampuan yang terbatas dan hanya bisa mendukung beberapa aplikasi. Apalagi kalau kamu bandingkan dengan emulator-emulator lain yang hadir sebagai aplikasi terpisah. 

4. Droid4x

Jika kebutuhanmu bukan hanya sebatas emulator Android saja, tapi emulator Android ringan dengan RAM 1GB, Droid4x adalah pilihan yang layak buat kamu coba. Jadi, kamu bisa menggunakan emulator ini di PC-mu yang speknya terbilang rendah.

Tak hanya itu saja, Droix4x juga dibekali dengan add-ons yang bisa membantumu mengontrol game yang sedang kamu mainkan di PC lewat HP-mu. Sebagai contoh, kamu bisa gunakan HP-mu sebagai controller dengan accelerometer ketika memainkan game Android lewat Droid4x di PC.

Baca Ini :  Cara Top Up BRIZZI Lewat Bank, e-Wallet, dan Merchant

5. Xamarin

Emulator yang satu ini rupanya tak hanya bisa kamu gunakan sebatas untuk mengakses aplikasi Android dari PC saja. Soalnya, kamu juga bisa memanfaatkan Xamarin untuk belajar membuat aplikasi. Apalagi memang banyak developer software yang memanfaatkan Xamarin untuk membantu proses pengembangan software.

Salah satu keunggulan Xamarin yang tidak mudah ditemukan pada emulator lainnya adalah kompatibilitas dengan Microsoft Visual Studio. Bahkan, kamu juga bisa menggunakan beragam tools dan plugins alternatif yang tersedia secara langsung di Xamarin.

6. Andyroid

Kemudian ada Andyroid alias Andy, yang menawarkan keleluasan buat kamu sebagai pengguna dalam mengeksplor fitur-fitur Android. Salah satu keunggulan Andy adalah dukungan penuh interface Android saat emulator ini kamu jalankan. 

Dan serupa dengan Droid4x, kamu juga bisa menggunakan HP-mu sebagai controller ketika main game lewat Andyroid dengan cara menghubungkan HP lewat koneksi WiFi ataupun Bluetooth.

7. LDPlayer

Kalau kamu bosan dengan emulator game Android yang itu-itu saja, kamu bisa pertimbangkan untuk menggunakan LDPlayer. Apalagi, salah satu emulator Android terbaik ini juga secara khusus dikembangkan untuk fungsi spesifik memainkan berbagai game Android.

Bahkan, LDPlayer bisa kamu gunakan untuk memainkan game-game berat seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, dan Arena of Valor (AOV). Ditambah lagi, LDPlayer sendiri adalah salah satu emulator Android yang paling cepat dan ringan. Emulator yang satu ini juga memiliki fitur multitasking sehingga kamu bahkan bisa memainkan dua game yang berbeda sekaligus pada satu window yang sama.

8. NoxPlayer

Alternatif emulator Android enteng untuk gaming lainnya adalah NoxPlayer. Dan meskipun emulator ini enteng, kamu tetap bisa memainkan game Android favoritmu lewat PC ataupun laptop dengan lancar tanpa harus diganggu lag. Di dalam NoxPlayer, terdapat penambahan dan utilitas yang secara spesifik memang ditujukan bagi segmen gamer. Salah satunya adalah kontrol game lewat mouse dan keyboard. 

Baca Ini :  Cara Menyimpan Foto Dari Google Ke Galeri Tanpa Aplikasi

Tak hanya itu saja, NoxPlayer juga memiliki keunggulan fitur-fitur yang beragam. Sebagai contoh, di sisi kanan window NoxPlayer terdapat charm bar yang berisi shortcut fitur-fitur penting yang bisa kamu akses secara langsung.

9. KoPlayer

Satu lagi emulator enteng yang direkomendasikan buat kamu yang juga merupakan gamer, yaitu KoPlayer. Bahkan, emulator ini sudah dibekali dengan fitur-fitur spesifik yang memang dirancang secara khusus untuk meningkatkan performa selama kamu main game, lho!

Di dalam KoPlayer, kamu bisa temukan opsi antara Speed dan Compatibility. Opsi Speed ini sendiri bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan performa KoPlayer selama gaming. Sementara itu, fitur Compatibility merupakan opsi yang lebih aman dengan pengaturan auto.

10. Genymotion

Selanjutnya ada Genymotion, yang juga merupakan salah satu emulator Android paling enteng yang bisa kamu gunakan di PC atau laptop-mu. Apalagi jika kamu juga sedang belajar jadi developer aplikasi.

Soalnya, lewat Genymotion kamu bisa melakukan testing aplikasi — termasuk aplikasi game — di berbagai perangkat meskipun kamu tidak menggunakan perangkat tersebut secara fisik, lho. Dan tak hanya itu saja, kamu juga bisa mengonfigurasi Genymotion agar bisa menjalankan berbagai versi Android sesuai kebutuhanmu. 

Kesimpulan

Itu tadi daftar rekomendasi 10 emulator Android terbaik yang enteng untuk kamu gunakan di PC ataupun laptop. Dan seperti yang sudah bisa kamu simpulkan lewat penjelasan di atas, seluruh emulator tersebut memiliki keunggulannya sendiri-sendiri.

Jadi, kamu bisa pilih berdasarkan preferensi maupun kebutuhan spesifik, ya. Selamat mencoba!

  • Bagikan Ya!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *