Candra Bi Playmaker di Panduanmenulis.com dan kini sedang mengadu nasib di Majalahponsel.org, Ponseler.com, Dibungkus.com dan 100 situs lainnya.

4 Manfaat BPJS Ketenagakerjaan

1 min read

bpjs ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan – Menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan adalah hak setiap karyawan dan sebaliknya menjadi kewajiban bagi perusahaan untuk mendaftarkan setiap karyawannya.

BPJS Ketenagakerjaan adalah investasi perusahaan dalam melindungi aset sumber daya manusia dari segala ketidakpastian, seperti kecelakaan kerja, kematian, dan hari tua.

Oleh sebab itu, karyawan yang telah terdaftar sebagai peserta program BPJS Ketenagakerjaan boleh bernapas lega. Setidaknya, mereka memiliki jaminan sosial yang bisa diandalkan–termasuk buat keluarga ahli waris–kelak saat mereka sudah tidak produktif karena pensiun, cacat, atau meninggal.

Hak karyawan peserta BPJS Ketenagakerjaan adalah memperoleh empat manfaat dari program jaminan sosial, yakni:

Jaminan Keselamatan Kerja (JKK)

Peserta JKK mendapatkan manfaat perlindungan keseluruhan berbentuk ongkos medis serta kompensasi kalau berlangsung kecelakaan kerja atau penyakit yang muncul sebab lingkungan tempat kerja, terhitung bila membuat cacat permanen.

Layanan medis yang dijamin mencakup kontrol dasar serta pendukung, perawatan tingkat pertama serta kelanjutan, dan sarana rawat inap kelas 1 rumah sakit pemerintah/wilayah atau rumah sakit swasta yang sama dengan.

JKK menanggung perawatan intens, pendukung diagnostik, pelayanan khusus, alat kesehatan serta implan, layanan dokter, operasi, transfusi darah, serta rehabilitasi medis–meliputi pergantian alat membantu (orthose), alat alternatif (prothese), serta gigi tiruan.

Kompensasi tunai diberi untuk pergantian biaya pengangkutan peserta yang mengalami kecelakaan kerja atau penyakit karena kerja ke rumah sakit dan ke rumah, dan biaya pertolongan P3K.

Jaminan Kematian (JK)

Manfaat ini diberikan kepada ahli waris peserta BPJS Ketenagakerjaan dalam soal peserta wafat yang bukan dikarenakan kecelakaan kerja atau penyakit sebab pekerjaan.

Sedang peserta masih juga dalam waktu aktif kerja atau belum sampai waktu pensiun. Kompensasi JK berbentuk santunan tunai serta ongkos pemakaman.

Santunan tunai sebesar Rp 16.200.000 serta santunan berkala 24 kali Rp 200.000, atau Rp 4.800.000 yang dibayar sekaligus juga. Buat peserta yang penuhi waktu pungutan minimum 5 tahun mendapatkan biaya pemakaman Rp 3.000.000 dan beasiswa pendidikan anak Rp 12.000.000.

Jaminan Hari Tua (JHT)

Manfaat JHT berupa uang tunai yang dibayarkan pada peserta yang sudah sampai umur 56 tahun, wafat, atau mengalami cacat keseluruhan jadi alternatif penghasilan peserta yang terputus sebab tidak kerja. JHT ialah tabungan berbentuk akumulasi iuran ditambah uang peningkatan yang tertera dalam rekening pesarta.

JHT diberi sekaligus juga. Tetapi saat masuk persiapan waktu pensiun, agunan sosial ini dapat dibayarkan beberapa. Ketentuan paling baru membolehkan peserta yang belum masuk waktu pensiun atau 10 tahun kerja ajukan klaim dana JHT sebesar 10 % atau 30%.

Pemungutan dana JHT 30 % dibolehkan untuk pemilikan rumah buat peserta BPJS Ketenagakerjaan, sedang 10 % untuk kepentingan lain, terhitung persiapan waktu pensiun.

Jaminan Pensiun (JP)

Peserta yang memasuki jaman pensiun akan memperoleh manfaat berbentuk jaminan pensiun, diantaranya:

  • Pensiun Hari Tua, berbentuk uang tunai bulanan sampai wafat buat peserta yang memenuhi waktu iuran 15 tahun.
  • Pensiun Cacat, berbentuk uang tunai bulanan untuk peserta yang cacat keseluruhan serta tidak dapat kerja, serta diberi sampai peserta wafat.
  • Pensiun Janda/Duda, berbentuk uang tunai bulanan untuk pakar waris sampai wafat atau menikah .
  • Pensiun Anak, berbentuk uang tunai bulanan untuk pakar waris (maksimal dua orang anak), serta diberi s/d umur 23 tahun, atau kerja atau menikah.
  • Pensiun Orang Tua, diserahkan kepada orangtua sebagai pakar waris peserta lajang.

Tetapi, untuk memperoleh semua manfaat di atas, perusahaan wajib membayarkan iuran peserta BPJS Ketenagakerjaan–yang sebagian dipotong dari gaji karyawan–paling lambat tanggal 15 setiap bulannya.

Candra Bi Playmaker di Panduanmenulis.com dan kini sedang mengadu nasib di Majalahponsel.org, Ponseler.com, Dibungkus.com dan 100 situs lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *