Peluang Usaha Baru yang Pesaingnya Sedikit

3 min read

Peluang Usaha Baru

Peluang usaha baru di Indonesia banyak yang berbentuk musiman. Umumnya usaha baru itu berupa kuliner, contohnya singkong goreng dengan beberapa rasa yang pernah mewabah pada awal 2000-an. Lantas ada capucino cincau, banana nugget, sampai es kepal Milo serta Thai tea.

Sayangnya, usaha-usaha baru itu mudah tertelan waktu. Demikian ada trend paling baru, habislah usaha dari trend awalnya. Demikian terus siklusnya. Satu hal yang membuat kesempatan usaha itu semakin tertutup ialah timbulnya kompetitor-kompetitor baru.

Beruntung buat mereka yang lebih dini buka usaha itu. Mereka sudah pasti dapat nikmati hasil usaha yang nge-tren itu. Tetapi tidak begitu dengan beberapa orang yang bergerak terakhir. Tujuannya turut mencicip kue kesempatan usaha baru, eh, justru gigit jari sebab trend telah berlalu.

Di sini akan kita ulas bermacam kesempatan usaha yang menjanjikan dengan kompetitor yang termasuk masih sedikit. Serta ada kesempatan usaha yang kemungkinan cuma ditekuni segelintir orang yang memahami akan potensinya yang menjanjikan. Di bawah ini beberapa peluang usaha baru itu :

Pembuatan Caption Instagram

Seorang penulis buku namanya Zarry Hendrik membuat ramai sesudah akui mendapatkan pendapatan dari layanan pengerjaan caption Instagram. Ini termasuk kesempatan usaha baru di Indonesia. Tetapi sebetulnya di luar negeri telah ada layanan sama. Di India, contohnya, ada banyak “perusahaan” yang sediakan layanan pengerjaan caption. Biasanya caption dalam bahasa Inggris. Aplikasi pembantu pengerjaan caption juga beredar banyak.

Zarry sendiri menempatkan biaya Rp 50. 000 sampai Rp 500. 000 per caption yang terdiri atas lima-enam paragraf. Dalam satu hari, ia dapat terima pesanan sejumlah 10-15. Bila benar, Zarry dapat mengantongi minimum Rp 500. 000 /hari. Mengingat utamanya caption dalam posting di Instagram, biaya itu kemungkinan logis. Ditambah lagi bila client ialah perusahaan atau korporasi.

Zarry ialah penulis, hingga ia lebih kuasai tehnik tulisan. Dibutuhkan potensi semacam itu bila kamu punya niat menjajal kesempatan usaha baru ini.

Kerajinan dari Limbah

Pengolahan limbah menjadi barang yang lebih bermanfaat serta berharga materi ialah tema yang hangat pada era ke-21. Gara-garanya, diantaranya rumor perkembangan iklim yang semakin mencemaskan. Dibanding dibuang serta jadi beban hari esok, sampah dapat diproses untuk kehidupan lebih bagus. Diantaranya pemrosesan sampah jadi barang kerajinan.

Biasanya, sampah memiliki bahan plastik lebih gampang diproses. Contohnya dijahit atau dilem untuk jadikan tas tenteng. Tetapi, bila lihat di sekitar, ada lebih beberapa pilihan sampah yang sediakan kesempatan usaha menjanjikan. Dari sampah rumah tangga seperti plastik, otomotif (sisa wadah oli, ban), sampai tumbuhan hama (eceng gondok), semua dapat digunakan jadi kerajinan. Tinggal kitanya yang perlu kreatif mengolahnya jadi suatu hal yang baru hingga tidak ada kompetitor.

Tidak hanya jual langsung ke customer, ada kesempatan mendapatkan perhatian berbentuk dana pembinaan dari dinas perdagangan atau perindustrian ditempat. Karena, produk yang dipasarkan tidak sama dari lainnya. Tetapi harus ada penawaran dahulu ke dinas serta pasti produk yang dibuat betul-betul berkualitas dan berharga jual.

Produk Kosmetik Ramah Lingkungan

Setema dengan kesempatan usaha baru di point ke-2, inspirasi usaha ini manfaatkan sentimen kerusakan lingkungan karena perkembangan iklim, yaitu berbentuk pengerjaan produk ramah lingkungan. Misalnya ialah sabun atau kosmetik berbahan alami.

Seorang anak muda asal Jakarta, Stephanie Widjaja, contohnya, membuat sabun dari beberapa bahan alami, seperti cokelat, pala, serta susu kambing. Tidak ada bahan kimia di dalamnya. Walhasil, produk itu mempunyai daya jual lebih. Sasaran pasarnya ialah anak muda yang sadar akan permasalahan lingkungan. Omzetnya sampai Rp 50 juta per bulan.

Tetapi kan ada korporasi global yang punyai produk kosmetik ramah lingkungan? Benar. Karenanya, untuk kesempatan usaha baru, kamu dapat manfaatkan tehnologi untuk mendesak biaya modal, hingga harga jualnya tambah murah serta lebih menarik. Tetapi pasti harus jadi perhatian beberapa aturan masalah produk kosmetik. Ramuan produk harus benar-benar aman supaya terlepas dari permasalahan yang dapat menyebabkan kerugian finansial.

Peluang Usaha Baru Berjualan Produk Jadul

Beberapa orang senang bernostalgia kembali kenang waktu dulu. Salah satunya pengalaman saat memainkan permainan tradisionil yang sekarang telah jarang-jarang dimainkan, mengonsumsi camilan yang terkenal pada eranya.  Ini dapat memberi kesempatan usaha baru, yaitu penjualan produk kuno. Beberapa produk ini dapat meliputi mainan sampai makanan.

Contohnya miniatur truk kayu, gasing, kapal minyak, gulali, permen cicak, serta arum manis alias rambut nenek. Serta telur gulung yang akhir-akhir ini terkenal sebetulnya sempat juga nge-hit di muka sekolah-sekolah pada 1990-an akhir sampai 2000-an awal.

Supaya lebih modern, kamu dapat mengepaknya lebih menarik. Contohnya memberikan tambahan ciri-ciri tokoh untuk penguat citra brand. Mengenai pemasaran dapat dilaksanakan melalui online, dari marketplace sampai Instagram. Turuti juga forum-forum yang mengulas topik nostalgia, umumnya generasi 90-an. Ada pula organisasi serta festival berkaitan yang dapat jadikan fasilitas untuk meningkatkan kesempatan usaha baru ini.

Peluang Usaha Baru Menjadi Babysitter Per Jam

Usaha yang satu ini lebih berbentuk personal serta memercayakan pribadi, yakni babysitter per jam. Ini kesempatan usaha baru di Indonesia yang sebenarnya telah lama dipraktikkan mahasiswa atau siswa SMA di luar negeri, terutamanya negara Barat.

Contohnya orang-tua akan kondangan malam-malam hingga tidak ingin bawa anaknya sebab takut kemalaman. Atau orang-tua akan tonton berduaan sendiri untuk nikmati waktu berdua rayakan suatu hal. Di saat berikut layanan babysitter perjam dipakai di luar negeri. Ada pula babysitter yang dibayar per lawatan, tidak memakai hitungan jam.

Tetapi memang biasanya babysitter yang disewa telah diketahui oleh orang-tua yang berkaitan. Contohnya tempat tinggalnya dekat atau masih ada tali persaudaraan. Di Indonesia, ini belum demikian terkenal. Kemungkinan sebab terhambat rasa malu jadi pengasuh bayi tetangga. Entahlah. Yang tentu, ini dapat jadi kesempatan usaha baru yang datangkan uang buat kesemua orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *