Candra Bi Playmaker di Panduanmenulis.com dan kini sedang mengadu nasib di Majalahponsel.org, Ponseler.com, Dibungkus.com dan 100 situs lainnya.

7 Perpustakaan Online Gratis yang Bisa Kamu Download

2 min read

perpustakaan online

Majalah Ponsel – Dalam kerjakan pekerjaan atau belajar untuk hadapi ujian, mahasiswa umumnya tidak cuma memerlukan materi dari kampus, dan juga bahan rujukan penambahan. Di masa teknologi ini, kamu tidak butuh bingung cari buku atau beragam info untuk mendukung perkuliahan. Banyak perpustakaan online gratis yang dapat kamu manfaatkan.

Jadi mahasiswa, keperluan pada buku-buku benar-benar mutlak, baik yang sifatnya fisik atau digital. Buku dapat dipakai untuk perdalam materi kuliah, dan menjadi sumber rujukan untuk kerjakan pekerjaan. Bila selalu harus membelinya, biaya kuliah kamu pasti makin tinggi.

Kamu dapat memakai langkah pintar, yakni memanfaatkan kehadiran perpustakaan online gratis yang menyediakan berbagai koleksi buku, jurnal, sampai karya ilmiah yang bisa jadikan rujukan. Kamu perlu mendaftarkan untuk dapat terhubung atau mengambil berbagai pustaka yang berada di dalamnya.

Apapun perpustakaan online gratis yang bisa jadikan referensi? Di bawah ini beberapa salah satunya.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Salah satunya perpustakaan online gratis yang bisa dimanfaatkan mahasiswa ialah Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Dengan terhubung http://e-resources.perpusnas.go.id/, kamu dapat memperoleh berbagai pustaka jadi rujukan studi atau pembuatan pekerjaan.

Di dalamnya ada berbagai koleksi buku dan jurnal ilmiah baik lokal atau internasional. Mahasiswa dapat mengambil materi yang ada tanpa ada butuh bayar. Cukup mendaftarkan dengan online, mahasiswa bisa menjadikan situs ini jadi salah satunya rujukan.

Google Scholar

Perlu data-data untuk mendukung kegiatan perkuliahan? Cukup dengan terhubung Google Scholar, kamu bisa mendapatkan berbagai jurnal ilmiah online dengan gampang. Cukup hanya lakukan penelusuran di tautan https://scholar.google.com/, materi rujukan dapat kamu memperoleh.

Google Scholar adalah situs penelusuran publikasi ilmiah yang dikeluarkan Google semenjak 2014. Di dalamnya berisi berbagai karya penerbitan dalam berbagai format yang pas jadi rujukan pustaka. Tidaklah heran, situs ini harus dimasukkan mahasiswa ke daftar perpustakaan online gratis yang harus didapati.

Garba Rujukan Digital

Garba Rujukan Digital (Garuda) dapat menjadi wadah memperoleh berbagai referensi yang dibutuhkan. Awalnya situs ini namanya Indonesian Publication Index (IPI). Tetapi, semenjak April 2018 beralih menjadi Garuda bersamaan akuisisi Kemenristekdikti. Mahasiswa dapat terhubung Garuda lewat tautan http://garuda.ristekdikti.go.id/.

Garuda menyediakan lebih dari 750 ribu artikel dan 7.918 jurnal ilmiah dari berbagai bidang disiplin pengetahuan. Koleksinya masih diperlengkapi berbagai materi pertemuan dan terbitan dari lebih dari 1.000 penerbit. Patut jika Garuda menjadi salah satunya perpustakaan online gratis yang harus didapati oleh mahasiswa.

Academia

Ingin cari paper analisa dari penjuru dunia? Academia dapat menjadi tempat tujuan. Ini adalah situs berbagai paper hasil analisa dari penjuru dunia yang dapat diakses dengan gratis. Mahasiswa dapat temukan beberapa hasil riset dari berbagai bidang tidak sama yang bermanfaat.

Sekarang telah lebih dari 74 juta akademisi yang mendaftarkan disana. Tidak hanya cari paper, pemakai juga bisa membagi hasil risetnya di sini. Karena skema itu telah ada lebih dari 22 juta paper yang berada di dalam situs yang bisa diakses di tautan https://www.academia.edu/about ini.

Mircrosoft Academic

Microsoft Academic dapat menjadi pilihan buat mahasiswa yang sedang kerjakan pekerjaan akhir atau riset. Seperti dengan Google Scholar, Microsoft Academic adalah mesin perayap berbagai karya akademik. Tetapi, konsentrasi situs yang bisa diakses di tautan https://academic.microsoft.com/ ini lebih tertuju pada karya ilmiah dan paper.

Ada lebih dari 212 ribu karya ilmiah dan materi dari seputar 674 ribu bidang yang bisa diakses. Ada juga 48 ribu lebih jurnal ilmiah yang lengkapi, dan 4 ribu lebih seminar akademik. Microsoft Academic wajar dimasukkan ke daftar perpustakaan online gratis yang harus dimanfaatkan.

Perpustakaan Perguruan Tinggi

Perpustakaan online gratis dapat diketemukan di berbagai perguruan tinggi. Kampus-kampus terkenal di Indonesia umumnya telah menyediakan perpustakaan yang dapat diakses dalam jaringan (daring).

Perpustakaan daring itu bisa terdiri menjadi beberapa format seperti digilib, ejournal, repository, dan eprints. Beberapa misalnya ialah http://digilib.itb.ac.id/, http://repository.ui.ac.id/, https://ejournal.undip.ac.id/, dan https://eprints.uns.ac.id/. Mahasiswa bisa cari sumber-sumber referensi di sini dengan gampang.

Open Library

Perpustakaan online gratis yang wajar diakses yang lain ialah Open Library. Beralamat di tautan https://openlibrary.org/, mereka menyediakan lebih dari 20 juta buku yang dapat jadikan sumber referensi pengerjaan pekerjaan atau perdalam materi kuliah.

Lebih menarik, Open Library sangat mungkin pemakai terhubung tanpa ada butuh koneksi internet. Buku-bukunya ada dalam format PDF, ePub, MOBI, sampai Plain text yang mempermudah pemakai untuk membaca.

Itu 7 perpustakaan online gratis yang bermanfaat mendukung kegiatan perkuliahan kamu. Mahasiswa dapat mendaftarkan dan terhubung untuk mendapatkan berbagai materi rujukan yang perlu. Dengan begitu, berbagai pekerjaan kuliah bisa ditangani secara baik tanpa ada butuh keluarkan ongkos besar.

Candra Bi Playmaker di Panduanmenulis.com dan kini sedang mengadu nasib di Majalahponsel.org, Ponseler.com, Dibungkus.com dan 100 situs lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *