Sekilas Info!!
############Mohon Baca Panduan Sampai Akhir Ya!! Jika Kurang Paham Bisa Hubungi Kami WA/Email 085230288099/laporanwebid@gmail.com############

3 Cara Beriklan di Facebook Ads Sesuai Target Audience

  • Bagikan Ya!!
Cara Beriklan di Facebook Ads
Beriklan di Facebook Ads

Facebook Ads menjadi peluang emas untuk para marketing dalam mempromosikan bisnis yang ada di Facebook. Salah satu hal yang perlu diketahui yaitu mengenai cara beriklan di Facebook Ads. Sebagai pengguna Facebook, maka harus bisa memanfaatkan kesempatan ini.

Mengingat bahwa semua orang pasti sangat paham bahwa Facebook menjadi platform social media yang memiliki pengguna aktif mencapai milyaran. Tentu saja ini bisa menjangkau customer lebih mudah, cepat dan pastinya tepat sasaran.

Cara Beriklan di Facebook Ads

Pengertian dari Facebook Ads merupakan fitur beriklan yang memang sudah ditawarkan oleh Facebook supaya bisa menjangkau audience melalui pengguna Facebook. Ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh jika menggunakan Facebook Ads.

Dengan penawaran keuntungan yang sangat menggiurkan ini, maka para pemilik bisnis sangat tergiur untuk menggunakannya.

Khususnya untuk melakukan marketing melalui sosial media Facebook. Namun, perlu diketahui bahwa cara beriklan di Facebook tentunya ada beberapa trik yang perlu dilakukan supaya iklan tersebut tidak monoton dan mampu menarik perhatian calon pembeli. Berikut cara yang dilakukan:

1. Membuat Halaman Facebook

Untuk iklan yang ada di Facebook ini bisa dibuat melalui halaman atau fanspage. Sementara untuk akun personal tidak bisa mempublikasikan iklan. Sebab itulah, langkah yang pertama ini perlu dilakukan dengan membuat halaman terlebih dahulu.

Jika sekiranya belum memiliki halaman Facebook, maka bisa mengikuti tutorial berikut:

  • Silakan login ke akun Facebook. Caranya tinggal memasukkan email beserta password yang digunakan pada saat melakukan pendaftaran.
  • Apabila sudah berhasil login, maka akan diarahkan ke halaman beranda.
  • Silahkan klik di menu halaman.
Silahkan klik di halaman
Klik di menu halaman
  • Kemudian silakan klik di menu buat halaman baru.
  • Setelah itu barulah mencari kategori sesuai dengan bisnis yang dijalankan.
  • Lalu isilah form menggunakan data sesuai bisnis yang dijalankan. Contohnya seperti nama bisnis, nomor telepon yang bisa dihubungi, alamat kategori, dan informasi lainnya.
Lalu isilah form menggunakan data sesuai bisnis yang dijalankan
Lalu isi Form dengan data sesuai bisnis yang dijalankan
  • Apabila sudah selesai, tinggal klik lanjutkan.
  • Silakan melanjutkan peraturan sesuai petunjuk yang diberikan Facebook.
Baca Ini :  Cara Menghapus Akun Facebook Lite Dengan Mudah Permanen 2022

2. Login ke Facebook Ads

Login ke Facebook Ads
Login Facebook Ads

Apabila langkah di atas sudah berhasil, maka bisa dinyatakan bahwa halaman bisnis sudah siap untuk mengikuti langkah berikutnya yaitu dengan menuju ke Facebook Ads manager. Untuk caranya tinggal klik https://www.facebook.com/ads/manage.

Apabila menggunakan Facebook pada ponsel, maka akan diarahkan ke luar aplikasi. Hal ini dikarenakan halaman Facebook Ads manager terpisah dari Facebook utamanya.

3. Menentukan Kampanye Iklan

Kampanye Iklan
Tentukan Kampanye Iklan

Langkah ketiga yang dilakukan yaitu dengan menentukan kampanye iklan. Silahkan memilih halaman yang ingin dibuat iklan. Hal ini wajib dilakukan jika pengguna mengelola halaman dan jumlah yang banyak sekaligus pada satu akun pribadi.

Proses pembuatan kampanye maupun iklan di Facebook ini caranya sangat mudah. Pengguna tinggal klik menu creation, letaknya ada di bilah menu kiri halaman Facebook Ads manager. Jika sudah, langsung mengakses https://web.facebook.com/adsmanager/creation?act=191225660982018.

Nantinya pengguna akan diarahkan untuk menentukan beberapa pilihan seperti penjelasan berikut:

Campaign

Untuk poin yang pertama ini perihal alur pembuatan iklan di Facebook untuk level pertama yang perlu dilakukan adalah campaign. Sehingga pengguna wajib menentukan tujuan terlebih dahulu. Silahkan tentukan apa saja yang ingin dicapai ketika iklan tayang di Facebook.

Terdapat 3 objektif atau tujuan yang bisa dipilih seperti conversion, pertimbangan atau consideration dan kesadaran atau awareness. Silakan buka tab campaign, lalu klik di bagian tombol warna hijau yang memiliki tulisan +create.

Langkah berikutnya akan muncul pop up Windows yang memberikan tampilan beberapa pilihan dari tujuan campaign.

Awareness

Jenis awarenes ini merupakan kesadaran merek yang bertujuan supaya bisa membuat seseorang lebih mengenal brand yang dimiliki. Pemirsa bisa melihat tayangan iklan apabila mereka tertarik pada bidang sesuai bisnis yang pengguna jalankan.

Baca Ini :  Cara Menghapus Halaman Di FB Lite (Facebook) Dengan Mudah

Apabila pengguna menggunakan awareness jangkauan, maka iklan tersebut bisa menjangkau pada orang yang lebih banyak. Akan tetapi tidak semua orang tertarik pada bidang yang sama terhadap bisnis yang ditawarkan.

Configuration

Cara beriklan di Facebook Ads selanjutnya yaitu melihat dari segi configuration. Facebook Ads memiliki 6 tipe configuration yang bisa diketahui penggunanya, seperti:

  • Lalu lintas kunjungan: supaya dapat meningkatkan jumlah kunjungan pemirsa pada halaman bisnis.
  • Interaksi: supaya bisa mengajak pemirsa untuk menanggapi postingan yang ada di halaman bisnis. Untuk tanggapan ini bisa berupa komentar atau like.
  • Pemasangan aplikasi: memiliki tujuan supaya bisa meningkatkan jumlah download maupun install aplikasi sesuai yang ditawarkan.
  • Pesan: memiliki tujuan supaya bisa membawa pemirsa yang sudah menonton iklan dengan mengirimkan pesan kepada pemilik akun bisnis.
  • Pembuatan prospek: tujuannya supaya bisa membuat orang lebih tertarik terhadap produk yang dimiliki dan bisa memperoleh alamat email dari calon customer.
  • Penayangan video: supaya dapat meningkatkan jumlah view di video yang dipromosikan.

Conversion

Untuk point conversion ini hampir sama seperti awarenes dan juga configuration. Untuk conversion ini memiliki beberapa jenis yaitu seperti berikut:

  • Kunjungan toko: berguna untuk mengajak pemirsa yang telah melihat iklan pada Facebook supaya berpindah mengunjungi toko yang ada di luar Facebook.
  • Penjualan katalog: bisa memperlihatkan iklan yang lengkap jika dibandingkan dengan iklan biasa berbentuk katalog produk.
  • Konversi: untuk melakukan pengubahan dari jumlah tayangan iklan supaya menjadi angka penjualan produk. hal ini bisa digunakan untuk melacak angka konversi dari iklan. Untuk itu pengguna harus melakukan pemasangan tambahan yang berupa Facebook pixel.

Ad Set

Jika pengguna sudah dapat menentukan tujuan dan beberapa poin penting yang ada di atas, maka pengguna akan diminta untuk membuat Ad Set. Tentu saja hal ini harus disesuaikan dengan kebutuhan pelaku bisnis. Ada beberapa hal yang harus ditentukan terlebih dahulu di antaranya:

Baca Ini :  Cara Boost Iklan di Facebook Agar Mendapat Banyak Engagement

Penargetan

Silahkan pilih target sesuai keinginan atau kebutuhan bisnis. Untuk target ini bisa menentukan langkah apa saja yang dapat dilakukan oleh pemirsa pada saat sudah membuat iklan di Facebook.

Apabila berada di tahap ini, maka pemilik bisnis tinggal melakukan pembayaran sehingga iklan siap ditayangkan

Umur dan Gender

Ada beberapa produk yang sengaja dibuat supaya dapat memenuhi kebutuhan orang pada usia tertentu. Hal ini juga berlaku pada produk yang dibuat untuk pria atau wanita.

Sebab itu, pengguna harus melakukan pengaturan pada kelompok umur beserta jenis kelamin dari produk yang ditawarkan.

Lokasi

Apabila ingin memasarkan maupun mempromosikan produk pada lokasi tertentu, maka silahkan mengisi pada form lokasi supaya iklan yang tayang tersebut berada di wilayah yang ditentukan.

Pengecualian

Pada bagian ini pengguna diberikan kemudahan untuk bisa mengeluarkan orang-orang tertentu dari dalam list audience. Misalnya tidak ingin menayangkan iklan pada orang yang sudah menyukai halaman bisnis pada Facebook audience khusus.

Perlu diketahui bahwa pemirsa atau audience ini ditujukan bagi orang-orang yang sebelumnya pernah terhubung pada bisnis yang dijalankan oleh pemilik iklan. Contohnya hanya ingin menanyakan iklan bagi orang yang pernah mengakses website sebelumnya.

Dengan mengikuti cara beriklan di Facebook Ads di atas, pengguna bisa menentukan jenis audience sesuai kriteria bisnis yang dijalankan. Seperti ketertarikan, lokasi, jenis kelamin, kebiasaan, usia atau yang lainnya. Pemilik iklan juga bisa menentukan jadwal dan anggaran sesuai keinginan.

  • Bagikan Ya!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *