Sekilas Info!!
############Mohon Baca Panduan Sampai Akhir Ya!! Jika Kurang Paham Bisa Hubungi Kami WA/Email 085230288099/laporanwebid@gmail.com############

Cara Cek Bantuan UMKM Untuk Masyarakat

  • Bagikan Ya!!
Cara Cek Bantuan UMKM Untuk Masyarakat

Bagi Anda yang ingin cara cek bantuan umkm untuk masyarakat dengan cara-cara ini dapat di lakukan dengan mudah hingga cair. Di mana bantuan umkm ini di bagi dengan beberapa kriteria seperti bantuan langsung tunai atau (BLT) yang mana di ahlikan dari subsidi bahan bakar minyak (BBM). Bantuan umkm ini tidak hanya menyasar kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah. Tapi berbagai elemen masyarakat seperti ojek online, nelayan, petani dan pegawai swasta.

Di mana untuk bantuan untuk umkm dari Indonesia ini di atur di dalam peraturan pemerintah. Yang mana tertuang di peraturan mentru keuangan nomor 134/PMK 07/2022. Isi peraturan tersebut mengenai tentang belanja wajib dalam rangka penanganan dampak inflasi di tahun 2022.

Pemerintah wajib melakukan atau menganggarkan belanja untuk perlindungan sosial sampai dengan Desember 2022. Anggaran tersebut mengalokasikan 2% dari  dana transfer umum (DTU) yang mana blt umkm ini di berikan kepada masyarakat untuk mengatasi dampak adanya peningkatan inflasi yang ada di Indonesia. Dan bantuan ini di salurkan oleh pemerintah daerah setempat.

Umkm ini tidak hanya menyasar kepada para pedagang, ojol, nelayan dan petani saja. Di harapkan dengan bantuan ini mampu meningkatkan penciptaan lapangan pekerjaan bagi daerah. Di harapkan masyarakat dengan bantuan ini bisa untuk membangun usaha kecil-kecilan untuk menghindari dampak inflasi yang terjadi di Indonesia.

Cara cek bantuan UMKM untuk masyarakat

Simak tata syarat dan cara cek melalui online.

Syarat penerima BLT UMKM

Untuk syarat dari penerimaan blt umkm sebagai berikut, yang mana wajib untuk di penuhi jika Anda ingin mendapatkan bantuan tunai langsung dari pemerintah pusat dan di salurkan ke pemerintah daerah.

  • Wajib warga negara Indonesia (WNI).
  • Memiliki e-KTP atau kartu tanda penduduk Indonesia.
  • Memiliki usaha mikro ayau sedang di buktikan dengan surat usulan calon penerimaan BPUM yang mana dari pengusul BPUM memberikan lapiran yang merupakan satu kesatuan.
  • Bukan termasuk dari aparatur pemerintah seperti aparatus sipin negara (ASN), TNI/Polri, pegawai dari BUMN dan pegawai dari BUMD.
  • Sedang tidak ada bantuan lainnya seperti kredit usaha rakyat atau (KUR).
Baca Ini :  Cara Menghapus Akun Wattpad (Permanen) Di HP Dengan Mudah

Di mana untuk penerima BPUM atau bantuan produktif usaha mikro nantinya akan melampirkan dokumen seperti:

  • Nomor induk dari kartu tanda penduduk (NIK).
  • Nomor dari kartu keluarga (KK).
  • Nama lengkap beserta alama tinggal yang di tempati saat ini.
  • Bidang usaha mikro yang di jalankan.
  • Nomor telepon berupa ponsel yang aktif.

Jika syarat-sayarat di atas sudah di penuhi bagi penerima BPUM. Selanjutnya Anda bisa melakukan pendaftaran blt umkm langsung dengan cara seperti ini.

  • Mendatangi langsung dinas koperasi dan umkm terdekat yang mana dengan membawa persyaratan di atas untuk di penuhi saat pendaftaran.
  • Setelah itu lakukan pendaftaran blt umkm dengan datang ke petugas dan mintalah surat rekomendasi.
  • Selanjutnya dari pihak dinas koperasi dan umkm akan mengecek dan mevalidasi permohonan yang di ajukan, setelah  memenuhi semua verifikasi permohonan Anda akan di terima.

Jika sudah mendapatkan semua hal yang di perlukan selanjutnya adalah memantau status untuk blt umkm yang bisa di lakukan secara online. Untuk mengecek secara online bisa di lakukan melalui situs https://eform.bri.co.id/bpum biasanya minimal 7 hari setelah melakukan pendaftaran. Lakukan pengecekan secara rutin setiap harinya guna memastikan data Anda di terima oleh sistem pemerintah.

Cara cek bantuan UMKM melalui e-form BRI

Untuk cara cek bantuan UMKM melalui e-form BRI bisa menggunakan cara-cara di bawah. Sangat mudah dan cepat untuk mengeceknya. Yang di butuhkan adalah akses internet dan juga ponsel yang memiliki browser seperti Googl Chrome, Firefox, Safari, Samsung browser atau bawaan browser ponsel smartphone Anda.

  • Masuk ke browser ponsel smartphone baik melalui Android maupun Iphone dengan membua website https://eform.bri.co.id/bpum
  • Setelah itu masuk dan input menggunakan nomor kartu tanda penduduk yakni berupa NIK.
  • Masukan kode verifikasi.
  • Lalu klik menu atau tombol “proses onquiry”
  • Setelahnya di layar pada browser akan muncul mengenai tampilan apakah Anda termasuk dari bantuan umkm atau tidak. Jika muncul akan tersedia di layar bahwa Anda penerima bantuan umkm.
Baca Ini :  Cara Scan Barcode di HP Android Dengan Aplikasi dan Tanpa Aplikasi

Jika terjadi masalah yang ada dalam pendaftaran melalui website e-form Bank BRI langkah yang sebaiknya bisa di lakukan ada beberapa cara.

Pusat bantuan pelanggan cek BLT UMKM

  • Menghubungi kontak call center di nomor BRI 14017.
  • Melakukan chat layanan menggunakan aplikasi WhatsApp di nomor 0812 12 14017

Bagi yang mengalami notifikasi seperti pada gambar di bawah ini. Menandakan bahwa sistem belum dibuka secara online untuk pengecekannya dan menunggu dibuka oleh pemerintah Indonesia.

Hal alternatif yang bisa di lakukan untuk pengecekan secara berkala adalah dengan telepon langsung di call center 14017 atau WhatsApp 0812 12 14017. Dan untuk daerah setempat jika mengalami kesulitan dalam menghubungi nomor bantuan bisa kunjungi BRI terdekat.

Pastikan jika mengunjungi BRI terdekat untuk cara cek bantuan umkm wajib datang pagi. Di mana guna menghindari antrian yang panjang, untuk bantuan ini sendiri tidak hanya ratusan orang saja, melainkan ribuan orang yang sama ingin mengantri untuk melakukan pengecekan.

  • Bagikan Ya!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *