Sekilas Info!!
############Mohon Baca Panduan Sampai Akhir Ya!! Jika Kurang Paham Bisa Hubungi Kami WA/Email 085230288099/laporanwebid@gmail.com############
News  

Cara Cek BI Checking atau SLIK lewat Online

  • Bagikan Ya!!
Cara Cek BI Checking atau SLIK lewat Online

Kini untuk cara cek BI checking atau sistem layanan informasi keuangan (SLIK) bisa di lakukan lewat online. Di mana fungsi dari SLIK ini berguna untuk melihat data diri kita bebas dari permasalahan unsur pengkreditan. Banyak menggunakan BI checking untuk keperluan pengambilan kpr, kredit bermotor, kredit usaha rakyat (kur) dan kredit lainnya.

Di mana BI checking ini sendiri mengecek apakah riwayat dari pengguna bermasalah atau tidak sebelumnya. Dengan sistem yang ada di Bank Indonesia lewat SID (sistem informasi debitur) yang mana dilakukan oleh debitur dengan lembaga keuangan lainnya.

Salah satu penyebab di karenakan banyaknya debitur di tolak saat ingin melakukan kredit. Biasanya pada proses SID pengguna memiliki kelancaran kredit yang buruk. Bisa di sebabkan 2 hal pertama gagal membayar cicilan dan selalu telat melewati batas jatuh tempo dan yang kedua adalah terjadi gagal bayar yang di sebabkan objek kredit di tarik misalnya gagal bayar motor.

Hal itulah yang membuat Anda tidak berhasil melakukan kredit lagi di Bank lain atau di perusahaan multifinance. Biasanya untuk melakukan pemutihan Anda hanya perlu datang ke Bank Indonesia dan melakukan sisitem pemutihan. Dan untuk SLIK ini sendiri tidak hanya berada di pengawasan BI melainkan langsung di kelola oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

SLIK ini sendiri akan memudahkan pengguna untuk proses mendapatkan sistem Pengkreditan atau penyediaan dana. Biasanya data yang bersih pada sistem BI checklist akan mempermudahkan kita untuk mendapatkan uang dari Bank dan pembiayaan perusahaan multifinance.

Dan juga SLIK yang di terbitkan oleh OJK juga bisa di gunakan sebagai pelaporan, penyediaan fasilitas dana, data agunan dan juga data terkait yang di butuhkan lembaha keuangan.

Baca Ini :  Download RA WhatsApp Versi Terbaru 2022

Cara cek BI checking

Di mana untuk cara cek BI checking bisa di lakukan menggunakan fasilitas online oleh masyarakat. Selain itu juga bisa menggunakan sistem offline dengan langsung mengunjungi kantor OJK terdekat.

Untuk pengecekan bi checking secara online

Bagi yang ingin mengecek secara online masyarakat bisa melakukan hal seperti ini, untuk informasinya simak di bawah.

SLIK online
  1. Di wajibkan untuk masyarakat melakukan registrasi melalui website konsumen ojk di https://konsumen.ojk.go.id/minisitedplk/registrasi
  1. Setelah itu diwajibkan untuk pemohon memilih tempat dan tanggal pelayanan. Untuk kantor OJK yang cepat bisa menggunakan pusat di Jakarta.
  • Lalu isi bagian jenis pemohon dengan perseorangan dan masukan tanggal kunjungan di hari senin – jumat.
  • Pada bagian kanan merupakan nomor antrian berdasarkan jam-jam yang tersedia.
  • Jika terdapat slot kosong silahkan pilih lanjut.
  1. Setelah itu pemohon diwajibkan untuk mengisi kolom yang ada. Di mana untuk mengisi sesuai dengan identitas diri masing-masing berdasarkan e-KTP.
  • Masukan upload foto atau scan dokumen dengan memilih pilihan kamera untuk melakukan foto langsung.
  • Dan centang persetujuan pada kolom yang tersedia.

(Baca lainnya: Aplikasi Penghasil Uang Resmi OJK dengan Modal Minim)

  1. Pemohon SLIK wajib untuk melakukan upload foto atau scan dokumen asli yang dibutuhkan. Di mana isi pemohon tersebut termasuk:

Debitur perseorangan

  • Fotokopi dari e-KTP.
  • Surat kematian jika debitur telah meninggal dunia.
  • Fotokopi identitas diri berupa: Yang memiliki identitas dari pihak keluarga berupa e-KTP keluarga. Dokumen menernagkan bahwa debitur keluarga telat meinggal dunia. Dan dokumen menunjukan kekeluargaan seperti kk, akte lahir dan keterangan ahli waris (jika ada).

Debitur badan usaha

  • Fotokopi identitas badan usaha yang sudah di legalisir dan pemilik identitas usaha.
  • Dokumen penunjang lainnya seperti ktp direktur jika wni, dan passport jika wna.
  • Npwp badan usaha.
  • Akta pendirian badan usaha.
  • Dan anggaran dasar terakhir dari badan usaha.
  1. Setelah mengupload data yang dibutuhkan selanjutnya adalah mengisi formulir SLIK secara online yang mana akan mendapat email bukti registrasi antrian online.
  1. Jika data yang di masukan sudah benar, sistem OJK akan mengecek manual apakah data yang di masukan sudah valid atau belum. Dan jika valid pemohon SLIK akan mendapatkan email dari OJK dan pengaturan tanggal antrian.
  1. Melakukan verifikasi melalui WhatsApp sesuai dengan apa yang di kirimkan di email OJK. Setelah itu melakukan pengiriman dokumen yang sudah di tentukan seperti:
  • Fotokopi atau scan formulir yang mana terdapat nama ibu kandung dan tanda tangan di kolom yang sudah disediakan.
  • Foto selfie dari pemohon SLIK yang mana memegang identitas dari e-KTP.
  • Melakukan verifikasi lewat WhatsApp untuk memastikan data yang di isikan benar Anda yang melakukannya,
  1. Setelah proses semua SLIK berhasil di lakukan secara online. Selanjutnya adalah pemohon SLIK akan mendapatkan hasil iDEB yang di kirimkan melalui email.
Skor BI checking

Pengetahuan tentang skor kredit

Skor kredit merupakan salah satu indikator apakah Anda termasuk yang baik atau tidak dalam kredit sebagai bahan pertimbangan Bank. Di mana skor ini memiliki angka dari 1 sampai dengan 5. Untuk info jelasnya seperti dibawah ini:

  • Skor 1: Debitur selalu memenuhi kewajibannya sampai lunas dan tidak pernah menunggak.
  • Skor 2: Kreditur masuk perhatian khusus pernah menunggak antara waktu 1-90 hari.
  • Skor 3: Kredit tidak lancar dan menunggak cicilan waktu 91-120 hari.
  • Skor 4: Menunggak cicilan dengan status diragukan antara waktu 121 hingga 180 hari.
  • Skor 5: Kredit macer di mana menunggak lebih dari 180 hari.
  • Bagikan Ya!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *