Sekilas Info!!
############Mohon Baca Panduan Sampai Akhir Ya!! Jika Kurang Paham Bisa Hubungi Kami WA/Email 083175231437/jorgiaryfa12@gmail.com############

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan dengan Mudah

  • Bagikan Ya!!
Cara cek tagihan BPJS kesehatan

Peserta BPJS kesehatan wajib membayar iuran tepat waktu setiap bulan. Untuk itu, para perserta BPJS kesehatan perlu mengetahui cara cek tagihan BPJS kesehatan pribadi agar lebih mudah nantinya saat proses membayar.

Terlebih lagi banyaknya peserta BPJS di dominasi oleh orang tua, yang sering kali lupa terhadap suatu hal seperti halnya membayar iuran. Jangan sampai karena telat membayar, Anda tidak bisa menggunakan kartu kesehatan BPJS di klinik dan rumah sakit.

Jika terjadi tunggakan terhadap pembayaran BPJS, peserta akan di kenakan denda di tambah dengan tunggakan iuran sesuai dengan kelas BPJS. Iuran wajib di bayarkan oleh peserta untuk menikmati fasilitas yang diberikan oleh pemerintah untuk berobat secara gratis di klik dan rumah sakit.

Untuk saat ini terdapat fitur autodebit yang bisa di manfaatkan oleh peserta BPJS kesehatan. Namun masih banyak yang belum memanfaatkan fitur ini, di sebabkan tidak semua orang mengerti menggunakan fitur autodebit, yang mengambi secara otomatis dari saldo yang tersimpan di rekening bank.

Dan selalu ikuti aturan yang ada mengenai keikut sertaan BPJS agar mendapatkan informasi mengenai terbaru soal pelayanan serta iuran wajib yang di bayarkan.

Cara cek tagihan BPJS kesehatan

Untuk yang ingin bayar tagihan BPJS bisa mengukuti cara dibawah ini, agar lebih mudah dalam membayarkan agar tidak terkena denda telat.

Aplikasi JKN Mobile

Cara cek tagihan BPJS kesehatan lewat aplikasi JKN Mobile

Aplikasi JKN Mobile sendiri merupakan aplikasi yang di sediakan oleh pemerintah, yang mana memang di khususkan untuk para peserta BPJS.

Cara mengecek tagihan melalui aplikasi JKN Mobile di Android

  1. Download Aplikasi JKN Mobile melalui Playstore atau melalui link https://play.google.com/store/apps/details?id=app.bpjs.mobile
  2. Daftarkan melalui NIK e-KTP dan juga bisa menggunakan nomor kepersetaan BJPS kesehatan.
  3. Ketika sudah masuk ke halaman dashboard aplkasi JKN Mobil, silahkan pilih “Menu Lainnya”.
  4. Setelah itu pilih “Info Iuran”.
  5. Anda akan mendapatkan informasi mengenai detail tagihan yang harus dibayarkan setiap bulannya, bagi peserta terdafat secara mandiri.

Catatan: untuk peserta yang tidak bisa mengecek info tagihan di √Źnfo Iuran” dikarenakan sudah melakukan pembayaran sebelumnya. Sehingga peserta tidak bisa mengecek tagihan/tunggakan yang harus dibayar.

Di aplikasi JKN Mobile peserta juga akan mendapatkan beberapa info pelayanan yang bisa di manfaatkan seperti halnya:

  1. Info lokasi dari faskes
  2. Info program JKN terbaru
  3. Info rawat inap
  4. Info pendaftaran untuk peserta baru
  5. Info peserta yang terdaftar
  6. Pendaftaran layanan antrian
  7. dan Konsultasi dokter

(Baca lainnya: Cara cek tagihan indihome dengan atau tanpa Aplikasi)

Cara cek tagihan BPJS kesehatan lewat SMS

Buat Anda peserta yang tidak memiliki smartphone, bisa memanfaatkan layanan SMS yang telah di sediakan. Untuk cara cek info tagihan kepersertaan BPJS, ikuti langkah-langkah dibawah ini:

Format SMS

TAGIHAN (SPASI) NOMOR PESERTA

Contoh: TAGIHAN 3674020039800021

Kirim ke: 087775500400

Untuk informasi mengenai format penulisan bisa kirim sms ke 087775500400 dengan formari HELP.

Untuk format sms lainnya mengenai informasi data peserta dan fasilitas bisa menggunakan format di bawah ini.

NIK (SPASI) NOMOR INDUK KEPENDUDUKAN

Contoh : NIK 357303030987

Kirim ke : 087775500400

NOKA (SPASI) NOMOR KARTU BPJS KESEHATAN

Contoh : NOKA 0001260979209

Kirim ke : 087775500400

NIP (SPASI) NOMOR INDUK PEGAWAI

Contoh : NIP 1962061119880001009

Kirim ke : 087775500400

Catatan: Nomor Induk Kepegawaian (NIK), Nomor Kartu BPJS Kesehatan (NOKA), atau Nomor Induk Pegawai (NIP). Dan untuk menggunakan layanan SMS, pastikan sudah menyediakan pulsa minimal 5 ribu Rupiah.

Cara cek tagihan BPJS kesehatan lewat telepon

Selain melalui layanan aplikasi JKN Mobile dan melalui layanan SMS, cek BPJS kesehatan bisa menggunakan telepon. Untuk layanan pelanggan dari BPJS menghubungi nomor 165.

Dimana Anda akan dihubungkan dengan operator panggilan CS BPJS, dan akan di tanyakan mengenai data diri beserta nomor kepersertaan BPJS.

Cek tagihan lewat LinkAja

Cara cek tagihan BPJS kesehatan lewat LinkAja

LinkAja merupakan salah stau produk yang di keluarkan BUMN yang mana saat ini bisa digunakan untuk mengecek tagihan BPJS kesehatan. Untuk mengecek cara cek tagihan lewat LinkAja simak ulasan dibawah ini:

  1. Download dan buka aplikasi LinkAja melalui Android playstore maupun appstore IOS.
  2. Daftarkan diri dengan memasukan nomor ponsel, dan lakukan verifikasi KYC jika ingin memanfaatkan transaksi tagihan besar (anggota).
  3. Jika sudah terdaftar dan berada di dashboard home menu LinkAja, silahkan pilih “Menu Lainnya”.
  4. Masuk ke bagian “Beli / Bayar Tagihan”, pilih menu “Asuransi”.
  5. Pilih BPJS ksehatan dan masukan nomor pesera BPJS.
  6. Informasi akan di tampilkan mengenai pembayaran yang wajib di bayar dan juga jika ingin membayar lakukan pengisian saldo topup LinkAja terlebih dahulu.

Cara cek tagihan BPJS kesehatan lewat Alamart / Indomaret

Cek tagihan tidak hanya menggunakan smartphone, bagi Anda yang ingin menerima bukti struk dalam kertas kini bisa cek tagihan BPJS kesehatan lewat Alfamart dan Indomaret. Untuk proses pengecekan dan pembayaan tagihan melalui minimarket bisa langsung datang ke kasir, lalu jelaskan tujuan untuk melakukan pembayaran BPJS kesehatan.

Kasir akan menanyakan ID peserta BPJS, dan akan memberikan nominal pembayaran kepada Anda. Anda bisa langsung membayarnya, dan jangan lupa untuk meminta struk pembayaran.

  • Bagikan Ya!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

x