Sekilas Info!!
############Mohon Baca Panduan Sampai Akhir Ya!! Jika Kurang Paham Bisa Hubungi Kami WA/Email 083175231437/jorgiaryfa12@gmail.com############
Google  

Cara Membuat Akun Google Scholar dan Cara Publikasi Jurnal

  • Bagikan Ya!!
Cara membuat akun Google scholar

Google scholar merupakan fitur yang dibuat oleh Google untuk aktivitas akademik baik mahasiswa, dosen maupun guru dalam mengunggah karya ilmiah. Lalu bagaimanakah cara membuat akun google scholar ?

Google Scholar sendiri atau yang di kenal dengan Google Cendekia menyediakan literatur ilmiah yang mana mengumpukan jurnal dari berbagai dunia dan di publikasikan penulisannya di Google Scholar.

Keunggulan Google Scholar ini sendiri dimana seiap hasil dalam bentuk pencarian dan jurnal ilmiah selalu di rujukan dengan apa yang dibutuhkan oleh pencari.

Kumpukan jurnal dan artikel ilmiah ini sendiri tentunya akan membantu dalam melakukan riset lebih mendalam bagi mahasiswa tingkat akhir dalam menyelesaikan tugas akhirnya. Dan cara ini lebih mudah di lakukan tanpa harus datang ke berbagai perpustakaan yang ada.

Bagi yang baru mengetahuinya, ikuti langkah berikut ini cara membuat akun Google Scholar dan bagaimana cara publikasi jurnal ilmiah di Google Scholar.

Cara membuat akun Google Scholar

Menyiapkan email gmail atau business

Menyiapkan email di wajibkan untuk mengakses layanan Google Scholar, sebab gmail baik free maupun google business memang terhubung dengan Google Scholar.

Sebaiknya gunakan akun gmail akademis google yang telah di berikan dari kampus masing-masing berdomain .ac.id, .edu agar lebih mudah terdaftar untuk mengupload jurnal ilmiah. Bisa juga menggunakan domain .com maupun .org.

Kenapa ac.id itu sangat penting? karena menunjukan identias bahwa Anda sedang mencari jurnal untuk aktivitas penyelesaian karya ilmiah.

Buka situs Google Scholar

Buka tautan di https://scholar.google.com untuk mengakses menu lengkap jurnal ilmiah, dan login menggunakan email yang terhubung dengan layanan gmail.

Lalu tahap selanjutnya adalah pilih profil saya di pojok kanan atas untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Mengisi detail identitas diri

Masukan nama sesuai identitas diri Anda dengan benar, serta masukan affiliasi berupa nama kampus atau gelar akademis anda. Untuk email verifikasi gunakan email ac.id atau .edu agar lebih cepat diterima.

Pada isian bidang minat isikan dengan jurusan yang sedang di tempuh saat ini. Dan untuk beranda isikan tentang profil data diri jurnal Anda.

Pengaturan halaman publikasi

Setelah menyelesaikan tampilan profil selesai, maka menu selanjutnya adalah menu artikel, dimana Google menyarankan beberapa artikel jurnal sesuai dengan identitas terkait dari profil. Lalu pilih yang dicentang, jika belum memiliki artikel jurnal yang dipublish.

Setelan update artikel

Pada tahap ini akan adanya menu tampilan update artikel, terdapat 2 cara yakni pertam adalah terapkan update secara otomatis, dan yang ke 2 yakni kirim update melalui email untuk di tinjau. Lalu pilih yang kirim update melalui email untuk ditinjau.

Pada visibilitas profil checklist pilih jadikan profil saya untuk umum, agar dapat di baca oleh seluruh orang, lalu klik selesai.

Menu profil

Pada tahap ini diharapkan menghapus jurnal karya ilmiah orang lain yang sebelumnya di tambahkan. Dan tambahkan jurnal secara manyal untuk meningkatkan reputasi dari karya ilmia di Google Scholar.

Cara mendaftarkan jurnal artikel yang hilang

  1. Masuk ke bagian profil, lalu pilih menu yang berbentuk icon +
  2. Setelah itu klik add artikel manual, dan pada tahap ini akan muncul tampilan seperti isian untuk detail karya ilmiah yang ingin di tambahkan.

Disini bisa menambahkan beberapa makalah baru ke profil Anda, dan tambahkan banyak informasi yang details guna Google Cendekia udah menemukan karya jurnal ilmiah Anda.

Cara membersihkan data profil Google Scholar

Anda bisa menghapus artikel jurnal ketika fitur tambah otomatis pertama kali jurnal terpilih. Atau menghapus jurnal Anda dari Google Scholar. Dimana dengan fitur bersih data profil jurnal, Anda bisa menghapusnya dengan 2 cara yakni:

  1. Klik judul artikel di setiap jurnal yang di pilih, lalu klik icon seperti tong sampah untuk menghapusnya.
  2. Dari halaman profil, centang kotak di samping artikel judul jurnal yang di pilih, lalu pilih hapus.

Dan secara otomatis Google Scholar akan memperbarui profil Anda ketika menemukan publikasi baru yang terhubung dengan akun profil.

Anda bisa melihat selalu artikel yang di tambahkan secara otomatis ke profil, dan dengan cara manual juga bisa menghapus peringatan tersebut.

  1. Klik taombol biru ikuti bagian profil.
  2. Pilih artikel baru di profil.
  3. Masukan alamat email yang ingin mendapatkan peringatan atau alert.
  4. Klik selesai.

Proses cara membuat akun Google Scholar ini sendiri tidak memakan waktu yang lama, hanya dengan 10 menit Anda sudah bisa mendapatkan akun terverifikasi. Selalu gunakan akun email seperti .ac.id maupun .edu untuk kemudahan verifikasi jurnal ilmiah.

Selain dari penggunaan domain, hal yang penting lainnya adalah dengan menggunakan profil data diri yang details serta foto untuk kelengkapan profil. Terlebih lagi tersedianya artikel jurnal untuk di unggah pertama kalinya, untuk keakuratan profil Google Scholar Anda.

  • Bagikan Ya!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

x