Sekilas Info!!
############Mohon Baca Panduan Sampai Akhir Ya!! Jika Kurang Paham Bisa Hubungi Kami WA/Email 085230288099/laporanwebid@gmail.com############

Cara Cek Bit Laptop 32-bit atau 64-bit

  • Bagikan Ya!!
Cara Cek Bit Laptop 32-bit atau 64-bit

Di dalam komputer khususnya pada sisitem operasi software terdapat 2 jenis bit yang tersedia yakni 32-bit dan 64-bit. Pada saat pembelian laptop baru tidak semua prang mengetahui cara cek bit laptop yang ia beli. Namun Anda tidak perlu khawatir berapa bit kah spesifikasi laptop yang di gunakan. Majalahponsel akan mengulas bagaimana cara mencek sistem operasi pada laptop menggunakan 32-bit atau 64-bit.

Bukan rahasia lagi di sistem operasi berbasis Linux, MacOs dan Windows hanya tersedia penggunaan 32-bit atau 64-bit. Biasanya bit ini di dasarkan dari spesifikasi pada komputer. 32-bit umumnya di gunakan untuk spesifikasi tipe rendah dan bisa di kenali dengan ram kurang dari 2 GB. Sedangkan untuk 64-bit bisa di kenali dari penggunaan ram yang lebih besar dari 4 GB.

Hal mendasar dari penggunaan ram merupakan salah satu contoh kecil yang bisa kita lihat dalam cara cek bit laptop yang benar. Sebab semakin bit yang di gunakan besar, tentunya membutuhkan sumber daya alokasi memori yang besar juga. Proses untuk menjalankan software di sistem operasi tentunya saat ini kebanyakan menggunakan 64-bit, sebab lebih cepat dalam memperoses aplikasi.

Berbeda dengan sistem operasi 32-bit yang umumnya sedikit dari support yang menggunakan sistem dari ini. Laptop di tahun 2022 ke atas tentunya memiliki spesifikasi rata-rata 64-bit. Sebab di Windows 10 dan 11 kebanyakan mendukung sisitem berbasis 64-bit.

Jika Anda membeli laptop keluaran baru sudah di pastikan laptop tersebut 64-bit. Berbeda dengan laptop bekas di pasaran yang masih banyak menyediakan laptop spesifikasi 32-bit.

Untuk cara cek bit laptop baik di Asus, Acer, Toshiba, Sony, MI, Redmi, Lenovo, HP dan Dell. Umumnya memiliki cara yang sama dalam pengecekannya, baik di Windows 7, 8, 10, hingga Windows 11 dan Linux. Pengecekan bit pada laptop ini sangat mudah untuk di lakukan oleh pemula sekalipun.

Baca Ini :  Cara Menghapus Update Windows 10

Untuk praktek dalam penerapan cek bit di laptop bisa mengikuti ulasan dibawah ini.

Cara cek bit laptop Windows, Linux

Cek bit laptop lewat kardus

Biasanya saat pertama kali membeli laptop baru terdapat kardus yang include dengan laptop. Di mana ada panduan mengenai berapa bit laptop yang di gunakan, untuk cara melihatnya bisa melakukan hal ini.

  • Lihat kemasan kardus laptop di pojok kanan sebelah kiri atau kanan.
  • Lihat stiker yang di gunakan biasanya terdapat spesifikasi termasuk laptop itu 32-bit atau 64-bit.

(Baca lainnya: Cara Menghapus Cache di Laptop Windows 7, 8, 10 )

Cara cek bit laptop lewat kerangka mesin

Bisa juga menggunakan kerangka mesin dari laptop yang di beli. Hampir semua laptop khususnya berbasis bawaan Windows baik baru maupun bekas. Terdapat stiker di belakang atau bagian bawah mesin body. Di mana di situ akan tertera apakah laptop yang di gunakan 32-bit atau 64-bit.

Menggunakan Dxdiag

Salah satu yang digunakan pada sistem operasi Windows, dxdiag ini memiliki kumpulan informasi yang penting dipakai pada laptop. Dengan adanya dxdiag kita dapat mengetahui spesifikasi sebenarnya dari laptop yang di beli selain dari buku bacaan panduan.

Untuk pengecekan melalui dxdiag bisa menggunakan cara dibawah ini.

  • Gunakan shortcut pada Windows dengan mengetikan windows + r.
  • Setelah itu terdapat box dialog run dan ketikan dxdiag pada kolom tersebut.
  • Klik enter tunggu beberapa saat.
  • Dan ada menu baru yang muncul di layar berupa dxdiag informasi di sana terdapat berbagai info seperti, merek laptop, jenis sistem operasi bit yang dipakai, bios, ram, processor, vga dan lain sebaginya.
Baca Ini :  Cara Membersihkan Sampah di Laptop Windows 100% Berhasil

Pengecekan bit lewat system information

Untuk cara cek bit laptop lewat system informasi apakah jenis 32-bit atau 64-bit mudah untuk di lakukan. Di sini juga tersedia informasi lengkap mengenai komponen laptop yang sedang di gunakan. Yang mana informasi ini lebih lengkap jika di bandingkan dengan dxdiag.

Untuk cara penggunanya bisa simak ulasan dibawah:

  • Masuk ke bagian menu start menu.
  • Setela itu ketikan pada kolom pencarian dengan memasukan judul system information.
  • Klik aplikasi system information dan jalankan aplikasi tersebut.
  • Dan akan muncul beberapa informasi jika Anda membuka aplikasi tersebut.
  • Cari scroll tepatnya tulisan system type dan terdapat tulisan berapa bit yang di gunakan.
  • Untuk x86 merupakan pemilihan 32-bit sedangkan x64 merupakan pemilihan perangkat dari 64-bit.

Menu about Windows 10 dan 11

Terdapat fitur bawaan yakni about atau tentang kami, dari sini Anda bisa mengetahui sistem operasi apakah yang saat itu sedang di gunakan. Cara ini cukup mudah untuk dilakukan dengan mengikuti langkah berikut.

  • Pada bagian desktop klik start menu.
  • Setelah itu pilih menu settings.
  • Selanjutnya dengan pilih menu system.
  • Scroll paling bawah dan Anda akan menemukan menu about.
  • Di sana akan menemukan spesifikasi bit berapakah yang digunakan.

Menggunakan aplikasi install

Bisa juga menggunakan beberapa aplikasi yang di install untuk mengetahui jumlah bit yang digunakan. Untuk beberapa aplikasi yang di rekomendasikan untuk pengecekan spesifikasi dari perangkat laptop di antaranya:

  • CPU-Z
  • Securable

Itulah beberapa cara cek bit laptop khususnya yang memiliki bawaan Windows di saat pembelian laptop baru.

  • Bagikan Ya!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *